Operator dan e-Commerce Gotong Royong Bantu Korban Gempa

Kubah Masjid Jamie Kuba yang tersisa usai gempa Aceh
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anwar Sadat

VIVA.co.id – Operator telekomunikasi RI saling gotong-royong membantu kepada korban gempa bumi di Pidie Jaya, Aceh. Penyelenggara telekomunikasi yang dimaksud, di antaranya Telkom Group, Telkomsel, Indosat Ooredoo, hingga XL.

Integrasi Tiktok Shop dan Tokopedia, DPR: Harus Bantu UMKM Adaptasi dengan Teknologi

Telkom Group mengatakan telah mendirikan posko bencana yang terletak di Pidie Jaya juga. Posko ini akan mengkoordinasikan berbagai bantuan yang dihimpun oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"BUMN Indonesia telah berkoordinasi untuk secepat mungkin menghimpun dan mendistribusikan bantuan untuk masyarakat yang terdampak gempa bumi tersebut," ujar Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo dalam siaran persnya, Jumat, 9 Desember 2016.

Sambut Mudik Lebaran, Perusahaan Ban Ini Rambah Dunia eCommerce

Telkom telah berkoordinasi dengan aparat telah mendirikan tiga posko, yang mana salah satunya berfungsi sebagai posko utama untuk berkoordinasi bantuan dari BUMN. Sedangkan dua posko lainnya, untuk dapur umum dan penampungan pengungsi.

"Telkom Group telah mengalokasikan dana bantuan Rp500 juta yang dipergunakan untuk operasional ketiga posko selama lima hari ke depan serta penyediaan sembako dan obat-obatan," ungkap Arif.

Shopee Luncurkan Program Baru, Garansi Tepat Waktu

Sedangkan anak perusahaannya Telkom, yaitu Telkomsel lebih menyasar jaringannya. Operator pelat merah ini berhasil mengoperasikan kembali seluruh Base Tranceiver Station (BTS) yang berada di lokasi bencana. Guna menjaga performa jaringan, Telkomsel menyiagakan 67 unit mobile genset sebagai cadangan.

Saat ini, di Kabupaten Pidie Jaya setidaknya didukung 92 BTS Telkomsel yang melayani lebih dari 96 ribu pelanggan.

Telkomsel memberikan bantuan sosial seperti layanan telepon gratis dan fasilitas untuk mengisi daya ponsel secara gratis di Kota Meuredu, Kecamatan Ulee Gle, dan Kecamatan Trienggadeng.

Telkomsel juga menyediakan layanan SMS donasi bagi pelanggan yang ingin memberikan sumbangan bagi para korban bencana gempa bumi di Aceh. Pelanggan cukup mengirimkan SMS, ketik DONASI (spasi) ACEH lalu kirim ke 7788. Untuk setiap SMS donasi, pelanggan dikenakan Rp 5.000. Layanan SMS donasi ini berlaku hingga 31 Januari 2017.

XL 

Hal serupa juga dilakukan XL melalui ‘SMS Donasi XL Peduli Aceh’ untuk pelanggannya. Program ini dibuka untuk pelanggan XL yang ingin turut membantu korban gempa Aceh yang dibuka selama 33 hari, mulai 8 Desember hingga 9 Januari 2017. 

Donasi pelanggan melalui program ini selanjutnya akan disalurkan kepada korban bencana melalui lembaga kemanusiaan Yayasan MTXL. Semua pelanggan XL, baik prabayar maupun usai bayar, dapat memanfaatkan program donasi ini secara mudah. Pelanggan cukup mengirimkan SMS dengan format ‘Donasi [spasi] XLPeduli [spasi] nominal’, kirim ke 6116. Nominal donasi mulai dari 1000 (seribu) sampai dengan 200.000 (dua ratus ribu rupiah). Setelah SMS berhasil dikirim, pelanggan akan mendapat notifikasi.

XL juga mengirimkan donasi ke korban bencana gempa bumi di Pidie Jaya. Donasi tahap awal ini akan berupa sarana Telepon Umum Gratis (TUG) dan bahan-bahan logistik seperti obat-obatan, selimut, serta keperluan darurat terutama untuk korban yang harus mengungsi. Bantuan lainnya berupa peralatan sekolah untuk anak-anak. Penyaluran donasi bekerja sama dengan organisasi kemanusiaan PKPU.

Indosat Ooredoo

Selain melakukan berbagai upaya perbaikan layanan jaringan telekomunikasi imbas dari gempa bumi dan memberikan layanan telepon gratis, pulsa gratis, dan logistik, bantuan ala SMS Donasi pun dilakukan Indosat Ooredoo untuk membantu korban gempa Aceh.

Indosat Ooredoo juga mengajak masyarakat dan pelanggan untuk memberikan donasi kepada para korban bencana melalui Rekening Dompetku dan SMS Donasi. Untuk Rekening Dompetku, masyarakat dan pelanggan dapat melakukan donasi dengan mentransfer dana ke rekening no: 0815 823 1111. Sementara untuk SMS Donasi, dapat dilakukan dengan cara ketik Aceh dan kirim ke 5000. Setiap SMS yang dikirim akan didonasikan sebesar Rp5 ribu.

Untuk memastikan layanan komunikasi para pelanggan di daerah yang terdampak, Indosat Ooredoo terus melakukan evaluasi kondisi jaringan serta layanan lainnya. Secara umum layanan Indosat Ooredoo masih dapat digunakan masyarakat di wilayah terdampak secara normal, walaupun terdapat tujuh BTS yang terganggu disebabkan kendala pasokan listrik dari PLN pasca gempa.

"Tim teknis kami di lapangan terus berupaya untuk segera memulihkan pasokan listrik tersebut sesegera mungkin serta memantau kondisi jaringan secara keseluruhan. Perkembangan hari ini, sudah 6 BTS pulih dan 1 BTS ditargetkan akan pulih hari ini untuk memastikan masyarakat sekitar dapat tetap menikmati layanan telekomunikasi dengan baik dan lancar," ujar GH Corporate Communications Indosat Ooredoo, Deva Rachman.

JD.id

Sementara e-commerce JD.id menggelar aksi donasi untuk korban gempa Pidie Aceh jelang helat Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 12.12. JD.id melakukan aksi donasi Rp1.000 per transaksi sukses yang dilakukan oleh para pelanggan.

"Kami mulai Jumat 9 Desember hingga 12 Desember 2016. Secara internal, kami juga akan mengumpulkan donasi sukarela dari karyawan JD.id yang hasilnya akan digabungkan dengan program bantuan 'JD.id Bantu Aceh'," tulis Head of Corp.Communications & Public Affairs, Teddy Arifianto dalam keterangan tertulis kepada VIVA.co.id.

Teddy menuturkan, dana bantuan akan disalurkan melalui mitra JD.id, yakni Dompet Dhuafa yang memiliki program khusus bantuan ke Aceh dengan tajuk ‘LOVE ACEH’ yang akan difokuskan untuk dana rehabilitasi dan pembangunan kembali tempat ibadah, penyediaan fasilitas kesehatan dan obat-obatan serta perbaikan sarana pendidikan untuk anak-anak korban gempa di Aceh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya