Punya Tiga Pabrik, Axioo Buka Lowongan Vendor Global

Axioo menggembleng siswa SMK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – PT Tera Data Indonusa (Axioo) membuka ‘lowongan’ bagi vendor smartphone global untuk menumpang di tiga pabriknya. Pembangunan pabrik Axioo ini ditujukan untuk memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang ditetapkan pemerintah.

Axioo Pongo 725, Laptop untuk Gamer eSports dan Content Creator

Seperti diketahui, pemerintah melalui tiga kementeriannya, yaitu Kementerian Kominfo, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Perindustrian sepakat perangkat 4G harus memiliki kandungan lokal, yakni beberapa komponennya dirakit di Tanah Air.

Untuk 2016, komponen lokal pada perangkat 4G harus mencapai 20 persen. Dan, 2017 meningkat menjadi 30 persen komponen lokalnya. Bila tidak mengindahkan aturan tersebut, pemerintah akan melarang peredaran perangkat 4G di Tanah Air.

Cek Kehebatan Axioo Pongo Studio

Guna memenuhi aturan TKDN, vendor global tentunya bisa menggunakan opsi mendirikan pabrik di Indonesia atau bermitra dengan manufaktur lokal.

Mengenai kemungkinan pabriknya dapat dimanfaatkan untuk rakitan produk-produk smartphone merek global, Samuel mengatakan hal itu bisa dilakukan.

Intip Laptop Axioo Hype, Punya Fitur Anti-Mata-mata Harga Rp3 Jutaan

“Bisa untuk (vendor global) untuk merakit di pabrik kami,” ujar Samuel ditemui usai peletakan batu pertama pabrik ketiga Axioo di Cakung, Jakarta Timur, Kamis 8 Desember 2016.

Sampai saat ini, Samuel mengungkapkan, belum ada vendor global yang menghubunginya untuk bekerja sama. Meski demikian, Axioo yang memiliki tiga pabrik yang semuanya ada di Jakarta ini, membuka diri bermitra soal TKDN ini.

“(Pabrik Axioo) tentunya sesuai dengan standarisasi proses produksi. Pabrik kami kapasitas produksinya bisa 100 ribu unit, kalau maksimal kapasitasnya bisa 300 ribu unit,” jelasnya.

Kapasitas produksinya ini tidak hanya untuk model ponsel saja, tapi termasuk produksi tablet sampai perangkat PC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya