Gempa Aceh, Lebih dari 250 Ribu Kicauan Doa di Twitter

Kondisi Aceh Paska Dilanda Gempa Hebat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA.co.id – Twitter mencatat, ada lebih dari 250 ribu kicauan para penggunanya yang membahas seputar gempa bumi berkekuatan 6,5 Skala Richter mengguncang wilayah Pidie, Aceh, pada Rabu pagi, 7 Desember 2016.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Sebagai platform yang dijadikan pencarian dan berbagi informasi, Twitter menemukan para penggunanya mencari hal yang menyangkut gempa bumi di Pidie. Netizen membicarakan soal informasi hingga mengajak masyarakat untuk membantu para korban bencana.

Melalui keterangan tertulisnya, Twitter menyebutkan, solidaritas dan dukungan untuk masyarakat di Aceh, tidak hanya datang dari dalam negeri, melainkan dari luar negeri juga. Sampai pada pukul 16.00 WIB, momen gempa Pidie ini menghasilkan lebih dari 250 ribu kicauan yang terkait kejadian tersebut.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Alhasil, momen dengan topik ‘Aceh’ dan ‘Pidie Jaya’ menjadi salah satu terpopuler di Twitter Indonesia. Gempa Pidie yang terjadi pada pukul 05.30 WIB itu mengalami puncak percakapan pengguna Twitter pada pukul 11.36 WIB, dengan 530 kicauan per menitnya.

"Aceh pun masih berada di daratan trending topic hingga saat ini," ungkap Twitter.

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI yang jadi Korban Gempa 7,4 SR di Taiwan

Selain itu, momen yang menyangkut soal ‘Aceh’ dan ‘Pidie Jaya’ yang menjadi topik percakapan pengguna Twitter. Sejumlah tanda pagar (tagar), atau hastag pun cukup membanjiri media sosial berlogo burung biru itu.

#BerdoaUntukAceh, #PrayForAceh, #Aceh/Aceh, Aceh gempa, dan #AcehBerduka menghiasi Twitter selama seharian. Tagar tersebut menjadi kata kunci yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berbagi dan mencari informasi seputar gempa di Aceh.

Bangunan rubuh di Taiwan usai dilanda gempa

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Tim penyelamat Taiwan mencari 18 orang yang masih hilang pada Jumat, 5 April pasca gempa bumi yang terjadi pada Rabu lalu.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024