Gempa Aceh, 33 BTS XL Masih Beroperasi

Menara BTS XL Axiata.
Sumber :
  • XL

VIVA.co.id – Operator telekomunikasi, XL Axiata, memastikan jaringannya tetap berjalan dengan normal, meski telah terjadinya gempa bumi berkekuatan 6,5 skala richter mengguncang di wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 05.30 WIB, Rabu, 7 Desember 2016. Gempa bumi tersebut lokasinya berada di ke dalaman 10 kilometer, sekitar 18 kilometer arah timur laut dari Pidie Jaya.

Mengenai kejadian tersebut, XL menyampaikan duka mendalam kepada masyarakat Aceh. Mengenai layanannya di sekitar gempa, XL memastikan masih berjalan dengan normal seperti biasa sehingga tidak ada kendala melakukan komunikasi.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

"Layanan XL di daerah tersebut dan Aceh pada umumnya tetap normal. Tidak ada kerusakan pada infrastruktur XL, seperti BTS (Base Tranceiver Station) maupun kantor layanan XL Center di Banda Aceh," ujar Vice President Corporate Communication XL Axiata, Turina Farouk, dalam keterangannya, Rabu, 7 Desember 2016.

Mengenai ada dua unit BTS yang mati di sekitar gempa, dijelaskan XL bahwa itu lantaran diakibatkan oleh matinya arus listrik dari PLN. Di wilayah Kabupaten Pidie dan Pidie, XL memiliki total 33 BTS yang masih beroperasi dan tetap dapat digunakan oleh masyarakat.

Begini Cara XL Axiata Buat Pelanggan Tidak Pindah ke Lain Hati

"XL terus memantau kondisi di lokasi bencana untuk memastikan layanan telekomunikasi dan data tetap normal guna mendukung aktivitas masyarakat dan upaya tanggap darurat," ucap XL.

Selain itu, XL juga menghimpun informasi untuk keperluan penyaluran bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak gempa di Pidie.

Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023