Media Sosial Dipenuhi Topik Gempa Aceh

Lokasi gempa darat Aceh Singkil
Sumber :
  • Google Maps

VIVA.co.id – Gempa berkekuatan 6,5 skala richter (SR) menarik perhatian semua warga, tak hanya di Indonesia tapi juga dunia. Di platform media sosial Twitter, trending topic dikuasai oleh bencana mematikan ini.

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Dalam pantauan VIVA.co.id, hingga saat tulisan ini diturunkan, setidaknya ada tiga topik yang menghiasi trending Twitter. Selain Aceh, ada juga Pidie Jaya, dan 6,4 SR yang mengacu pada kekuatan gempa yang menhantam Aceh.

Topik Aceh menempati posisi topik trending paling atas dengan jumlah cuitan terbanyak, sekitar 45 ribu tweet. Sedangkan Pidie Jaya, yang merupakan lokasi pusat gempa, mencapai 8.400 cuitan. Untuk topik 6,4 SR berjumlah 10.500 cuitan. Dan satu lagi adalah hashtag #Gempa dengan 1.691 cuitan.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Cuitan yang masuk ke Twitter tidak hanya berupa berita dari media ternama terkait gempa tapi juga doa yang dipanjatkan pengguna Twitter untuk korban gempa Aceh.

Gempa bumi kembali melanda Aceh. Kali ini berkekuatan 6,5 SR dan terjadi di Kebupaten Pidie Jaya. Wakil Bupati Pidie Jaya Said Muliadi mengatakan, bahwa banyak ruko dan rumah hancur berantakan saat gempa bumi berlangsung. 

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

Sedangkan pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh melaporkan ada 20 orang meninggal tertimpa reruntuhan akibat gempa.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melansir, lokasi gempa bumi berada pada 18 kilometer Timur Laut Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer.

Gempa yang berada di koordinat 5.19 Lintang Utara-96.36 Bujur Timur itu tidak berpotensi tsunami, namun terjadi pagi sekali, sekitar pukul 05.30 WIB.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya