7-12-1972: Bumi Mirip Gundu Berwarna Biru

Bumi mirip permen Marbles, disebut Blue Marbles.
Sumber :
  • Natgeo

VIVA.co.id – Hari ini, tepat 44 tahun lalu, astronot NASA berhasil memberikan kejutan yang indah bagi masyarakat bumi. Sebuah foto yang menunjukkan bumi dari luar angkasa.

Samudra Tersembunyi Ditemukan di Perut Bumi, Tiga Kali Lebih Besar dari Lautan Biasa

Foto tersebut sangat indah. Saking indahnya, dianggap sebagai paling ikonik dalam sejarah umat manusia. Dalam foto itu, bumi terlihat sangat biru, lengkap dengan cuaca yang cerah sehingga goresan awannya terlihat jelas. Masyarakat menyebutnya sebagai 'Blue Marbles'.

Apollo 17 merupakan misi berawak terakhir yang dilakukan NASA ke bulan. Para astronot yang tergabung dalam misi Apollo 17 pun menjadi yang terakhir terbang ke bulan. Sejak saat itu, tidak ada lagi manusia di bumi yang pernah terbang ke planet tersebut, dan sempat mengambil gambar seindah ini.

Bukan Kecoa, Ini Hewan yang Paling Tangguh di Bumi

Gambar Blue Marbles ini sangat mungkin diambil karena posisi dan orientasi astronot saat pesawat mereka parkir di orbit. Posisi pesawat para astronot membelakangi matahari sehingga belahan bumi secara keseluruhan bisa terlihat dengan jelas dan baik.

Pada Desember, titik balik matahari mendekat dengan cepat. Posisi kala itu menempatkan belahan bumi utara tidak tampak terekam kamera, dan sebagian besar memperlihatkan kondisi wilayah Antartika.

40 Persen Kebutuhan Telur Wilayah Kutai Timur Dipasok dari Komunitas Desa Binaan KPC
Ilustrasi petugas BMKG

BMKG: Kalimantan Diguncang Tujuh Kali Gempa pada 29 Maret-4 April 2024

BMKG Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mencatat tujuh kali gempa bumi mengguncang wilayah Kalimantan dalam sepekan pada 29 Maret-4 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024