Ditemukan Sungai Pertama yang Terkontaminasi Polusi

Petra Jordania
Sumber :

VIVA.co.id – Polusi industri mungkin baru dirasakan dampaknya di era modern saat ini. Namun hal itu terbantahkan setelah ilmuwan menemukan sebuah sungai yang diduga sebagai objek pertama yang terkena polusi, sekitar 7.000 tahun lalu.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Sungai itu sekarang menjadi palung yang kering, terletak di sebelah selatan Jordania. Ilmuwan mengaku telah menemukan bukti adanya kontaminasi awal di sungai itu, yang berasal dari peleburan tembaga.

Penelitian yang telah dipublikasikan di Science of the Total Environment, menyebut jika kontaminasi ini terjadi saat manusia mulai mencoba membuat peralatan baru. Manusia purba itu memulai transisi, dari penggunaan perlengkapan bebatuan menjadi metal. 

Kendaraan Operasional Timnas Indonesia Bakal Full Listrik

Era ini disebut sebagai Zaman Tembaga, atau periode transisi antara akhir zaman batu ke perunggu.

"Populasi manusia saat itu sedang mencoba penggunaan api, tembikar dan bijih tembaga. Tiga komponen ini merupakan era awal produksi logam tembaga yang berasal dari bijih. Teknologi inovasi serta penyebaran adopsi dan penggunaan logam di komunitas purba itu menandai awal dunia moderen," ujar antropolog dari University of Waterloo, Russell Adams, seperti dikutip melalui Red Orbit.

Pemerintah Berencana Naikkan Pajak Kendaraan Bermotor

Seiring dengan berjalannya waktu, komunitas di area itu terus tumbuh dan generasi tembaga pun meluas. Orang-orang mulai membangun tambang dan pusat peleburan, sampai pabrik, sekitar tahun 2600 sebelum Masehi.

"Wilayah ini merupakan awal revolusi industri dunia. Ini merupakan pusat teknologi inovatif," kata Adams.

Kala itu, orang-orang memproduksi tembaga dengan memasukkan arang dan bijih tembaga berwarna biru-hijau. Beberapa hasil peralatan yang dibuat dari materi itu adalah tembikar, yang dibuat dengan menggunakan api. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya