Kini Bisa Titip Belanja Barang di Luar Negeri

Peluncuran platform titip barang dari luar negeri, Airfrov
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id – Kebutuhan belanja barang di luar negeri dari konsumen di Tanah Air tergolong tinggi. Namun sayangnya, masih ada beberapa kendala dalam pemesanan barang dari luar negeri.

2024 jadi Tahun Krusial bagi Industri Kripto Indonesia

Kini kebutuhan menitip pembelian produk di luar negeri makin mudah dengan solusi yang dihadirkan Airfrov. Layanan ini telah resmi diluncurkan.Airfrov merupakan platform titip belanja di luar negeri melalui traveller. Airfrov tersedia dalam bentuk aplikasi dan website. 

Airfrov awalnya meluncur di Negeri Singa 1,5 tahun yang lalu, dengan diinisiasi dua orang pemuda asal Indonesia dan Singapura. 

Detik-detik Roket Space One Meledak di Udara Setelah 5 Detik Diluncurkan

Chief Executive Officer dan Co-Founder Airfrov, Cai Li mengungkapkan, ide platform ini muncul karena melihat adanya kebutuhan lebih untuk barang-barang luar negeri sementara kapasitas bagasi para traveller kurang maksimal dimanfaatkan. Sementara, frekuensi traveling cukup rutin. 

Data dari The Airport Council International (ACI) menunjukkan, Bandara Soekarno Hatta menduduki peringkat 18 sebagai bandara dengan lalu lintas dan kesibukan terpadat di dunia pada tahun ini. 

Telkomsel Berburu Startup

"Tren titip belanja barang di luar negeri menjadi semakin populer, tapi ada kendala yang menghantui proses titip belanja konvensional, seperti terbatasnya produk yang dapat dikirimkan, lamanya durasi pengiriman, kepastian pembayaran, hingga tingginya biaya pengiriman," kata Li yang berasal dari Singapura, saat peluncuran di Kawasan Kebon Sirih, Selasa 6 Desember 2016.

Melalui Airfrov, Li menyakinkan kepada pengguna, titip belanja melalui platfrom besutannya ini akan lebih aman dan memuaskan. 

Li menjelaskan, untuk menggunakan Airftov cukup sederhana. Setelah mendaftar sebagai pengguna, maka pengguna memposting barang yang diinginkan dan membuat penawaran harga barang tersebut. Jika si traveller bersedia, maka tinggal menyetujui permintaan sang pengguna yang menitip barang atau requester.

Selain sebagai penyedia platform, Airfrov juga sebagai perantara pembayaran atau bertindak sebagai dompet penyimpanan requester. Biaya yang telah ditransfer oleh requester ditahan sampai si traveller membelikan barang. Skema ini mirip dengan rekening bersama yang sudah umum dijalankan pada platform e-commerce di Tanah Air.

Jika sang traveller sudah membeli barang pesanan tersebut, maka dia memberikan notifikasi di aplikasi Airfrov. Kemudian kurir rekanan lokal Airfrov akan mengambil barang tersebut dan mengantarkan ke requester. Setelah barang sampai ke tangan requester, maka Airfrov akan mencairkan pembayaran untuk traveller.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya