6-12-1877: Pertama Kalinya Suara Bisa Direkam

Thomas Alva Edison dengan fonograf
Sumber :
  • Wikimedia.org

VIVA.co.id – Thomas Alva Edison tidak hanya menyempurnakan telegraf. Ilmuwan yang kerap disebut sebagai 'penyihir dari Menlo Park' ini juga menciptakan sebuah alat yang bisa menyimpan dan memainkan ulang sebuah suara, bernama fonograf.

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Edison menyelesaika fonograf pertamanya pada Agustus 1877. Empat bulan kemudian, tepatnya pada 6 Desember 1877, ia melakukan uji coba melakukan perekaman suara. Berbekal benda silinder dengan ujung jarum besar dan kertas timah, ia pun bersuara melalui corong mesin tersebut.

"Awalnya saya hanya ingin merekam percakapan. Kertas timah itu pun saya gunakan, kemudian saya berteriak 'Mary had a little lamb...', lalu mesin itu memproduksinya secara sempurna," ujar Thomas Edison, seperti dikutip Today Insci.

The Sorrowful Life Story of Scientist Nikola Tesla

Mary Had a Little Lamb merupakan lagu yang tersirat begitu saja saat Edison memulai eksperimennya di laboratorium Menlo Park, AS. Saat terekam, Edison langsung memutar ulang dan mendengar suaranya keluar dari mesin tersebut.

Keesokan harinya, Edison pun membawa mesin tersebut ke kantor Scientific American di New York untuk mendemonstrasikannya. 

Tragisnya Nikola Tesla, Ilmuwan yang Meninggal Dunia dalam Kesendirian
Albert Einsten.

5 Ilmuwan Tidak Percaya Tuhan, Anggap Primitif dan Takhayul

Ada beberapa orang yang hidup tanpa agama. Ateisme adalah kurangnya kepercayaan pada Tuhan, sedangkan penganutnya disebut ateis. Pedoman hidup ini masih diterapkan.

img_title
VIVA.co.id
9 Juni 2023