Cara Google Rayakan Ulang Tahun Dewi Sartika

Doodle Google peringati ulang tahun Dewi Sartika
Sumber :
  • Doodle Google

VIVA.co.id – Google hari ini merayakan hari lahir pahlawan nasional, Dewi Sartika. Doodle Google pada Minggu 4 Desember 2016 menampilkan gambar karakter yang mengajari siswa menulis. 

Aminah Cendrakasih Jadi Google Doodle, Ini Sosoknya

Dalam keterangannya, Google menuliskan, Dewi Sartika merupakan salah satu perintis dalam pendidikan kaum hawa di Hindia Belanda pada akhir 1800-an sampai awal 1900-an. 

Saat usia 18 tahun, Dewi Sartika mulai memberikan pengajaran kepada wanita di ruang kecil belakang rumahnya. Dua tahun kemudian, putri dari pasangan keluarga priyayi Sunda, Nyi Raden Rajapermas dan Raden Somanagara itu, membuka sekolah pertama untuk wanita di Indonesia.

Google Doodle Celebrates the Heart Surgeon Dr Victor Chang

Pengabdiannya untuk kaum hawa nusantara terus berlanjut. Selama satu dekade kemudian, pengajarannya makin meluas. Sartika mencapai ke puluhan sekolah. 

Atas baktinya dalam merintis pendidikan wanita di Indonesia, pemerintah Indonesia memberikan gelar pahlawan nasional pada 1966. 

Google Doodle Celebrates Papeda from Eastern Indonesia

"Selamat ulang tahun ke-132 untuk perintis pendidikan wanita," tulis Google.  (ase)

Google Doodle peringati perayaan Pemilu 2024

Tampilkan Kotak Suara, Google Doodle Rayakan Pemilu 2024

Hari ini, Rabu 14 Februari, Google merayakan momen penting dalam sejarah Indonesia yakni Pemilu 2024 dengan menampilkan Google Doodle khusus gambar kotak suara.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024