Tak Dijual Bebas, Acer Chromebook untuk Sekolah

Acer Chromebook 14
Sumber :
  • Expert Reviews

VIVA.co.id – Acer selama ini telah menjajakan Chromebook (notebook berbasis Chrome OS dari Google) untuk mendukung sistem pendidikan digital di beberapa negara di dunia. Di Indonesia, mereka akan melakukan hal yang sama dengan tiga varian Chromebook dan satu Travelmate.

Laptop AI dengan Standar Pentagon

Kegunaannya yang untuk segmen pendidikan, membuat tiga varian Chromebook itu tidak akan dijual untuk umum. Meski ada yang berminat, Acer memang tidak menutup pintu pembelian, hanya saja proses pembeliannya akan diarahkan langsung ke distributor.

"Ini merupakan hasil dari pelajaran yang telah kami alami di negara lain, yang kebanyakan menginginkan instalasi berbasis Windows,” ujar Head of Commercial Product and Business Development Acer, Riko Gunawan, di Jakarta.

Acer Aspire Lite Edisi Spesial, Performa 'Nakal' Laptop Pemula

Oleh karena itu, menurut Riko, lebih mudah untuk mengedukasi Chromebook ke kalangan pendidikan. Sekaligus akan menciptakan koneksi yang baik dengan menggandeng penyedia broadband.

Beberapa lini baru yang dihadirkan Acer adalah Chromebook R11, Chromebook 11, dan Chromebook 14. Ada juga Travelmate B117.

Acer Gaspol Teknologi AI

Chromebook R11 dilengkapi dengan layar sentuh yang kedua cangkangnya bisa dilipat hingga 360 derajat, sehingga bisa mirip laptop sekaligus tablet. Ketebalannya sekitar 19,2 milimeter dengan berat 1,25 kilogram.

Notebook ringan ini juga didukung prosesor Intel Celeron, ultra-fast koneksi nirkabel 2x2 MIMO 802.11ac dan USB port 3.0. Harga Chrome R11 Rp4,79 juta.

Sementara itu, Chromebook 14, seperti namanya, memiliki layar berukuran 14 inci dengan tingkat resolusi full HD (1920 x 1080), fitur view wide angle dan High Dynamic Range imaging, webcam 720p, HD Audio, RAM 4GB dan storage 32GB. Desainnya cukup stylish dengan materi aluminium dan dukungan baterai yang bisa tahan hingga 14 jam. Harganya sekitar Rp3,99 juta.

Untuk Chromebook 11, didesain secara premium dengan tekstur nano-imprint agar terlihat lebih stylish. Notebook dengan tekstur nano-imprint ini didesain untuk dapat menahan beban hingga 60 kilogram dan lebih tahan terhadap benturan. Chromebook ini dibanderol Rp3,39 juta.

Satu lagi dari Acer adalah TravelMate B117. Notebook ini didesain untuk pelajar. Tidak berbasis Chrome OS melainkan Windows 10 Pro. Daya tahan baterainya bisa sampai 13 jam, dilengkapi standar Military Grade Protection yang dilengkapi rubber strip agar tahan benturan atau jatuh.

Di dalam TravelMate B117 terdapat aplikasi Acer Classroom Manager yang memungkinkan cara-cara baru dalam berinteraksi di kelas dan memberdayakan kemampuan guru untuk berkolaborasi di dalam digital classroom seperti mendistribusikan materi kelas, mencatat kehadiran, memantau kegiatan siswa serta mendorong kemajuan siswa melalui proses ujian dan pengembangan secara digital. Harga TravelMate B117 sekitar Rp3,49 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya