FireChat, Aplikasi Alternatif Selama Aksi Damai 212

FireChat.
Sumber :
  • maclife.com

VIVA.co.id – Guna mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi pada Aksi Bela Islam III atau Demo 2 Desember ini, operator telekomunikasi menyiagakan jaringan mereka. Selain mengandalkan komunikasi dari operator, ada cara untuk membuat orang tetap berkomunikasi dengan baik, tanpa mengandalkan Base Tranceiver Station (BTS) dari operator tersebut

Massa 212 Geruduk Kedubes Prancis Besok, Buruh Demo Tolak Omnibus Law

Hanya berbekal aplikasi yang dinamakan dengan Firechat ini diklaim mampu memberikan sebuah layanan komunikasi tetap lancar, seperti SMS sampai penggunaan data. Aplikasi tersebut tersedia secara gratis di Play Store.

Hal itu diupayakan oleh para peserta aksi Demo 212 untuk mengantisipasi kesulitan dalam menyampaikan aspirasinya yang berlangsung di Monumen Nasional (Monas), Jakarta. Sebab, ada ratusan ribu orang memadati satu area, sehingga trafik telekomunikasi diprediksikan akan kesulitan.

Bendera Partai Dibakar Saat Demo RUU HIP, PDIP Tempuh Jalur Hukum

Dalam pesan berantai yang muncul di grup WhatsApp, muncul pesan yang menyarankan agar peserta aksi Demo 212 ini mengunduh aplikasi FireChat.

"Dengan aplikasi ini insha Allah tetap akan bisa berkomunikasi karena tidak memerlukan mobile data, sehingga walaupun BTS dimatikan, masing-masing HP (ponsel) akan berfungsi sebagai BTS," tulis dalam pesan tersebut.

Polisi Belum Dapat Pastikan Kedubes India Mau Temui Massa FPI

Untuk menggunakan aplikasi FireChat ini penggunannya harus tetap menghidupkan fitur Wi-Fi. Akses internet Wi-Fi tersebut akan menjadi 'jalan' agar komunikasi di ponsel tetap lancar.

Berdasarkan informasi yang tercantum pada profil aplikasi FireChat di Play Store, merupakan karya pengembang Open Garden. Aplikasi berukuran 6,45 MB ini telah tersedia di Play Store dengan pembaruan terakhir 11 November 2016. Sampai sekarang, FireChat telah diunduh sekitar satu juta kali.

Aksi PA 212 tertahan di Jalan MH Thamrin.

Tak Hanya Reuni 212, Ternyata Ada 9 Demo Lain di Jakarta Hari Ini

Untuk aksi massa reuni 212 hanya dilakukan pada pagi hari yaitu pukul 08.00 WIB, sedangkan massa lainnya dilakukan pada pukul 10.00 hingga 16.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
2 Desember 2021