TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

FireChat, Aplikasi Alternatif Selama Aksi Damai 212

Aplikasi ini bisa berjalan tanpa dukungan BTS.
FireChat, Aplikasi Alternatif Selama Aksi Damai 212
FireChat. (maclife.com)

VIVA.co.id – Guna mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi pada Aksi Bela Islam III atau Demo 2 Desember ini, operator telekomunikasi menyiagakan jaringan mereka. Selain mengandalkan komunikasi dari operator, ada cara untuk membuat orang tetap berkomunikasi dengan baik, tanpa mengandalkan Base Tranceiver Station (BTS) dari operator tersebut

Hanya berbekal aplikasi yang dinamakan dengan Firechat ini diklaim mampu memberikan sebuah layanan komunikasi tetap lancar, seperti SMS sampai penggunaan data. Aplikasi tersebut tersedia secara gratis di Play Store.

Hal itu diupayakan oleh para peserta aksi Demo 212 untuk mengantisipasi kesulitan dalam menyampaikan aspirasinya yang berlangsung di Monumen Nasional (Monas), Jakarta. Sebab, ada ratusan ribu orang memadati satu area, sehingga trafik telekomunikasi diprediksikan akan kesulitan.

Dalam pesan berantai yang muncul di grup WhatsApp, muncul pesan yang menyarankan agar peserta aksi Demo 212 ini mengunduh aplikasi FireChat.

"Dengan aplikasi ini insha Allah tetap akan bisa berkomunikasi karena tidak memerlukan mobile data, sehingga walaupun BTS dimatikan, masing-masing HP (ponsel) akan berfungsi sebagai BTS," tulis dalam pesan tersebut.

Untuk menggunakan aplikasi FireChat ini penggunannya harus tetap menghidupkan fitur Wi-Fi. Akses internet Wi-Fi tersebut akan menjadi 'jalan' agar komunikasi di ponsel tetap lancar.

Berdasarkan informasi yang tercantum pada profil aplikasi FireChat di Play Store, merupakan karya pengembang Open Garden. Aplikasi berukuran 6,45 MB ini telah tersedia di Play Store dengan pembaruan terakhir 11 November 2016. Sampai sekarang, FireChat telah diunduh sekitar satu juta kali.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP