TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Indonesia Disebut Belum Siap Terima Robot Humanoid

Pasarnya masih untuk robot manufaktur.
Indonesia Disebut Belum Siap Terima Robot Humanoid
Robot dan manusia (REUTERS/Rick Wilking )

VIVA.co.id – Negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat telah memulai membuat dan memasarkan robot humanoid atau robot menyerupai manusia. Sayangnya, Indonesia dianggap belum mampu seperti kedua negara itu, alias belum siap menerima kehadiran robot mirip manusia.

Perusahaan elektronik asal Negeri Sakura, Epson, menyatakan hal itu. Sebab, secara kebutuhan, pasar Indonesia dianggap belum membutuhkan. Bahkan, robot humanoid dipercaya tidak cocok jika dipasarkan di Indonesia.

Andryanto C. Wijaya selaku B2B Head Sales and Marketing Division Epson, menyatakan demikian, karena Epson sebelumnya telah memilah kategori robot apa yang cocok di setiap negara. 

"Nah untuk Indonesia, humanoid robotik belum menjadi target," kata Andry kepada VIVA.co.id saat ditemui di JIEXPO, Kemayoran Kamis, 1 Desember 2016.

Untuk Indonesia, tambah Andry, masih berpeluang besar robot kategori manufakturing, terutama untuk pabrikan elektronik dan otomotif. 

Saat ini, Epson, ungkap Andry, memang belum menciptakan robot humanoid. Tren sekarang diakui memang mengarah ke robot humanoid dan Epson pun mulai berpikir untuk mengembangkannya, walau pemasaran belum ditargetkan untuk Indonesia. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP