TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Robot Super Epson Bisa Rakit Perangkat Elektronik

Bisa juga untuk rakit otomotif.
Robot Super Epson Bisa Rakit Perangkat Elektronik
Robot manufaktur Epson (Viva.co.id/Mitra Angelia)

VIVA.co.id – Perusahaan elektronik asal Jepang, Epson, meluncurkan robot industrial 6-axis terbarunya, seri C8. Robot Epson seri C8 ini tergolong paling ringan dan ramping, tapi punya kecanggihan membuat manufakturing otomotif dan elektronik. 

Senior General Manager, Sales, and Marketing Division, Epson Indonesia, Ng Ngee Khiang menyatakan, meski tergolong ringan dan ramping, tapi struktur badan robot C8 memiliki desain badan yang padat. Dengan sensor tekanan, robot dapat 'merasakan' tekanan hingga 0,1 newton.

"Dia (robot C8 series) dapat melakukan pekerjaan seperti perakitan komponen," kata Khiang saat ditemui di JIEXPO Kemayoran, Kamis 1 Desember 2016.

Dari demo yang ditunjukkan kepada awak media, selain membuat komponen elektronik dan otomotif, robot C8 ini bisa melakukan hal sederhana seperti menyuguhkan minuman. Mulai dari mengambil gelas hingga menuang dari dispenser. 

B2B Head Sales and Marketing Division,  Andryanto C. Wijaya, mengatakan, seri C8 ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp350 juta. "Target penjualan di 2017, minimal Rp10 miliar," ujar dia. 

Andry menambahkan, mengapa Epson membawa seri C8 ke Indonesia, karena mereka membaca potensi cemerlang dari sisi manufakturing elektronik dan otomotif. 

Untuk purna jual robot Epson, sudah ada di delapan lokasi dan enam kota, yakni di Medan, Jakarta, Surabaya, Batam, Makassar, dan Bandung.

Robot Epson menjajaki pasar Indonesia sejak April tahun ini. Paling banyak seri yang ada di Indonesia adalah LS Series untuk manufakturing elektronik. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP