TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Empat Olahraga yang Bikin Panjang Umur

Salah satunya bersepeda.
Empat Olahraga yang Bikin Panjang Umur
Ilustrasi olahraga sepeda (REUTERS/David W Cerny)

VIVA.co.id – Para peneliti internasional berkolaborasi dalam sebuah penelitian yang menemukan, setidaknya ada empat olahraga yang dianggap mampu menyelamatkan hidup manusia. Penelitian ini digawangi peneliti dari University of Sydney.

Dikutip dari Eurekalert, Rabu, 30 November 2016, penelitian itu menemukan, olahraga yang benar-benar bisa memperpanjang hidup manusia adalah bersepeda, berenang, aerobik dan jenis olahraga raket. Keempat jenis olahraga itu lebih efektif ketimbang lari/atletik dan sepakbola.

Penelitian yang telah dipublikasi di British Journal of Sports Medicine itu juga menemukan, jika penyakit CVD (Cardiovascular disease) bisa dihindari. Potensi penyakit itu bisa berkurang jika banyak orang mau berolahraga renang, aerobik ataupun olahraga raket, seperti tenis, suquash, atau badminton.

Studi yang dilakukan para peneliti itu melibatkan sekitar 80.000 orang dewasa dengan usia lebih dari 30 tahun. Mereka berpartisipasi untuk mengikuti enam olahraga berbeda dengan rutin dan dituntut disiplin. Olahraga itu adalah bersepeda, berenang, olahraga raket, aerobik, sepakbola dan lari.

"Penemuan kami mengindikasikan tidak hanya tentang berapa banyak dan seberapa sering olahraga itu dilakukan tapi juga jenis olahraga apa yang bagus dan benar-benar memberikan perubahan," ujar Emmanuel Stamatakis dari Charles Perkins Centre, Fakultas Ilmu Kedokteran dan Sekolah Kesehatan Umum di University of Sydney.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP