TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Jelang Harbolnas 2016, E-Commerce Diminta Jangan Menipu

Tahun lalu, konsumen masih mengeluhkan ada penipuan.
Jelang Harbolnas 2016, E-Commerce Diminta Jangan Menipu
Hari Belanja Online Nasional

VIVA.co.id – Perhelatan Hari Belanja Nasional (Harbolnas) akan segera menghampiri para konsumen dengan berbagai tawaran menggiurkan. Untuk itu, sebagai induknya, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) terus mengimbau kepada para pelaku dagang online yang terlibat dalam Harbolnas 2016.

Ketua idEA, Aulia E. Marinto, mengatakan Harbolnas merupakan acara tahunan yang digelar oleh para pelaku industri itu sendiri. Selain menyediakan berbagai tawaran, Harbolnas juga menjadi cara untuk mengedukasi kepada masyarakat mengenai berbelanja secara online.

"Tentu kita mengimbau kepada teman-teman yang ikutan event Harbolnas. Itu etika, etika kan enggak mesti ditulis juga, didiklah dengan cara yang benar, lakukan transaksi dengan aman, jangan lakukan penipuan," ucapnya di Jakarta, Selasa 29 November 2016.

Pada perhelatan Harbolnas tahun lalu, tak sedikit konsumen yang merasa dirugikan akibat munculnya diskon abal-abal. Diskon tersebut ditawarkan dari oknum penjual dari e-commerce saat Harbolnas tahun lalu.

Aulia menuturkan, imbauan soal edukasi kepada pelaku e-commerce terhadap penjual soal barang yang dijualnya, tak hanya semata-mata dilakukan menjelang Harbolnas atau event tertentu lainnya. Melainkan, kata dia, selalu dilakukan setiap saat.

"Kita edukasi itu bukan gara-gara Harbolnas. Kita edukasi terus-menerus, termasuk kayak begini (kampanye Clean E-Commerce), member (anggota idEA). Kita bilang, kampanyekan, sosialisasi, edukasi, jadi bukan gara-gara Harbolnas," tegasnya.

Harbolnas akan kembali digelar pada 12-14 Desember 2016. Perhelatan tahunan untuk mendorong masyarakat berbelanja online itu akan dimeriahkan lebih dari 200 pelaku dagang online. Pada tahun ini, Harbolnas mengusung tema "Indonesia Online".

Ketua Panitia dari Harbolnas 2016 yang juga Senior Vice President Strategic Partnership Lazada Indonesia, Miranda Suwanto, mengatakan, Harbolnas kali ini dapat memajukkan ekosistem industri e-commerce yang lebih merata di seluruh Indonesia, baik dari segi peserta, kunjungan, dan transaksi.

"Selain itu, kami ingin kembali mengedukasi masyarakat mengenai kenyaman dan keamanan dalam bertransaksi online," ujar Miranda dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu, 23 November 2016.

Sejumlah e-commerce yang dipastikan akan mengikuti perhelatan diskon akbar ini adalah Lazada, Zalora, Elevenia, MatahariMall, Blibli, Bukalapak, Alfacart, ShopBack, Berrybenka, Orami, Blanja, Doku, Fabelio, Asmaraku, Shopee, Popbox, SALON by Houzcall, dan masih banyak e-commerce lainnya. Masing-masing pelaku dagang online itu akan memberikan penawaran dan diskon menarik kepada para konsumen Indonesia khusus untuk periode 12-14 Desember 2016.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP