TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Clean E-Commerce, Bersihkan Software Abal-abal di Dunia Maya

Dalam kampanye ini, Microsoft gandeng lima e-commerce.
Clean E-Commerce, Bersihkan Software Abal-abal di Dunia Maya
Kampanye Clean E-commerce (VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto)

VIVA.co.id – Microsoft Indonesia menggaet lima perusahaan dagang online (e-commerce) lokal untuk mengatasi persoalan piranti palsu yang marak diperjualbelikan situs e-commerce. Kelima perusahaan yang dimaksud, yaitu Bhinneka, Blanja, Blibli, JD, dan Lazada Indonesia.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman, Microsoft dan kelima e-commerce tersebut sepakat untuk menciptakan ekosistem bisnis online yang aman bagi konsumen.

“Masih adanya peredaran piranti lunak palsu (counterfeit software) di beberapa toko online yang menjadi penghambat perkembangan bisnis e-commerce Indonesia, mengingat dampaknya terhadap kredibilitas toko online serta timbulnya kekhawatiran konsumen saat berbelanja online,” ujar Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Andreas Diantoro, di Jakarta, Selasa 29 November 2016.

Melalui kampanye clean e-commerce ini, diharapkan dapat mengedukasi soal penjualan dan pembelian piranti lunak yang asli. Sebab dengan membeli piranti asli, maka bisa melindungi konsumen.

“Karena konsumen yang sudah terlanjur membeli dan menggunakan counterfeit software juga rentan terserang virus dan malware ke dalam perangkat mereka, sehingga merugikan dari segi waktu dan materi yang terbuang,” ucapnya.

Andreas menjelaskan, kerja sama dengan pelaku e-commerce ini, sebab aktivitas belanja konsumen kian beralih ke toko online yang ditawarkan perusahaan dagang online.

“Pertumbuhan pesat toko online di pasar e-commerce Indonesia dibuktikan dengan nilai transaksi yang mencapai Rp21 triliun pada 2014 lalu,” kata Andreas.

Kemitraan antara Microsoft dengan lima e-commerce ini nantinya tak hanya soal edukasi penjualan piranti lunak  asli kepada penjual dan konsumen saja, tapi juga memberikan kepercayaan terhadap konsumen.

Konsumen dijanjikan terhindar dari produk piranti palsu saat membeli secara online, karena konsumen yang membeli piranti lunak di Bhinneka, Blanja, Blibli, JD, dan Lazada Indonesia akan diarahkan ke landing page Microsoft.

Dengan dukunggan Microsoft Indonesia, kelima e-commerce itu akan menyaring vendor yang menjual piranti lunak di toko online masing-masing. Salah satu hasil penyaringan tersebut adalah penerapan sertifikasi untuk vendor yang benar-benar menjual piranti lunak asli.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP