TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Pusat Peraga Iptek 'Lahir' di Semarang

Pusat tersebut memadukan pengetahuan dan hiburan.
Pusat Peraga Iptek 'Lahir' di Semarang
Menristekdikti Mohamad Nasir  (VIVA.co.id/Dwi Royanto)

VIVA.co.id – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir meresmikan pendirian Pusat Peraga Iptek atau Science Center di Semarang, Jawa Tengah, Senin, 28 November 2016. Wahana bernama Jateng Science Center (JSC) itu merupakan pusat peraga ke-20 yang dimiliki Indonesia saat ini.

Keberadaan JSC di Semarang merupakan Science Center keempat yang diinisiasi Kemenristekdikti sepanjang 2016. Sementara JSC lahir pertama kali sejak 1991 di Jakarta.

Nasir menyatakan, misi pendirian pusat peraga iptek bertujuan menumbuhkan pemahaman, apresiasi, motivasi tentang pentingnya budaya iptek dalam membangun bangsa. Dalam hal itu, peran pemerintah, akademisi dan dunia usaha serta masyarakat  sangat penting dilakukan. 

"Wahana ini menjadi penting di daerah karena sebagai pelengkap pembelajaran kognitif, psikomotorik dan afektif bagi pembangunan nalar siswa dan generasi muda, " kata Nasir.

Nasir berharap, pemerintah daerah, perguruan tinggi maupun dunia usaha dapat merespons pentingnya pembangunan pusat iptek di wilayahnya masing-masing.

"Di Jakarta, pusat peraga iptek yakni di TMII sudah siap berbagi peran dan pengalaman kepada daerah yang berkeinginan membangun science center ini, " ujar mantan Rektor Universitas Diponegoro Semarang itu.

JSC merupakan perpaduan antara pengetahuan dengan unsur hiburan yang akan membekali masyarakat mengenal konsep penerapan iptek. JSC Semarang dibangun di Pekan Raya Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah. Wahana ini dikelola secara profesional dan memberi manfaat bagi keuangan daerah. 

Peresemian JSC Semarang ditandai dengan pemberian 10 alat peraga hibah sains kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Alat tersebut masing-masing Gyroexteme, Halilintar, Bola Listrik, Harpa Tanpa Dawai, Jembatan Lengkung, Katrol, Tebak Tanggal Lahir, Menurun ke Tas, Energi vs Daya dan Baterai Tangan.

Peluncuran JSC juga diisi rangkaian kegiatan bernuansa sains di PRPP Semarang. Kegiatan ini berlangsung sejak 26-30 November 2016.
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP