TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

80 Persen Trafik 4G Bakal Didominasi Video

Telkomsel memperkuat dengan 5.200 unit BTS 4G.
80 Persen Trafik 4G Bakal Didominasi Video
Ilustrasi 4G LTE (cnmeonline.com)

VIVA.co.id – Dalam meningkatkan pengalaman akses video, Telkomsel menggaet layanan video on demand, Hooq dan Viu melalui paket khusus yang dinamakan VideoMAX.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, mengatakan bahwa ke depannya tren penggunaan data untuk kebutuhan streaming video akan semakin meningkat. Maka dari itu, dengan mengandalkan jaringan 4G, Telkomsel menyediakan paket khusus untuk akses video dengan menggandeng Hooq dan Viu.

Ririek menjelaskan dalam Device, Network, and Application (DNA) akan terus berkembang. Bila device dijalankan oleh para vendor, network dilakukan operator, dan application contohnya oleh Hooq dan Viu.

Dirut Telkomsel, Ririek AdriansyahDirektur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah

“Tahun ini kami tambah BTS lagi jadi total 127 ribu lebih. Tahun depan, kami akan bangun kebanyakan layanan 4G karena trennya akan mengarah ke sana,” ucap Ririek dalam sambutannya di Jakarta, Jumat, 25 November 2016.

Terlebih, lanjut Ririek, bahwa penggunaan 4G untuk mengakses konten video akan semakin mendominasi. “Trafik data nantinya sekitar 70-80 persen akan mengarah ke video,” ucapnya.

Sampai saat ini, penyebaran layanan 4G Telkomsel telah menyelimuti sekitar 182 kota di seluruh Indonesia. Anak perusahaan BUMN ini pun menjanjikan akan menambahkan lagi jumlah wilayah yang tercakupi layanan 4G.

“Layanan video konten ini kami harapkan dapat menjadi platform dan memberikan sentimen positif terhadap pelaku industri kreatif, khususnya industri perfilman, terutama dalam mengurangi pembajakan karya film dan mendorong dunia perfilman Tanah Air,” tuturnya.

Pelanggan Telkomsel yang ingin menikmati layanan paket VideoMAX, hanya berlangganan paket data bulanan, di mana di dalamnya sudah termasuk akses ‘cuma-cuma’ ke Hooq dan Viu.

Pada kuartal ketiga 2016, dari total sebanyak 75 juta pelanggan data Telkomsel, saat ini terdapat sekitar 30 juta pelanggan yang aktif menikmati layanan video. Jumlah ini meningkat sebesar 24 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan video ini dukung jaringan berkualitas Telkomsel dengan lebih dari 124.000 base transceiver station (BTS), termasuk lebih dari 5.200 eNode B (BTS 4G), yang tersebar di seluruh Indonesia. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP