Ideabox Ventures Siap Kucurkan Rp6,7 Miliar untuk Startup

Peluncuran Ideabox Ventures oleh Indosat, Mountain Partners, dan Kejora, untuk menjaring start up Indonesia. Program ini akan menawarkan dana investasi hingga Rp6,7 miliar, Kamis (24/11/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri H

VIVA.co.id – Indosat Ooredoo membentuk perusahaan patungan modal ventura untuk perusahaan rintisan (startup) bernama Ideabox Ventures. Dana investasi hingga US$500 ribu atau Rp6,7 miliar pun siap disuntik kepada startup terpilih.

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Kehadiran Ideabox Ventures ini merupakan kolaborasi dari Indosat, Mountain Partners, dan Kejora. Sebelumnya, ketiga pihak ini juga yang menginisiasi terlahirnya akselerator teknologi, Ideabox, pada tiga tahun lalu.

"Setelah tiga tahun, kami telah bekerja sama membentuk Ideabox. Kini dengan Ideabox Ventures, kami memperluas untuk investasi ke startup-startup," ujar Presiden Direktur dan Chief Executive Officer (CEO) Indosat Ooredoo, Alexander Rusli dalam sambutannya di Kantor Pusat Indosat Ooredoo, Jakarta, Kamis, 24 November 2016.

2024 jadi Tahun Krusial bagi Industri Kripto Indonesia

Tak hanya berbentuk investasi, Ideabox Ventures juga memungkinkan dapat mendorong startup untuk terjun ke pasar melalui dukungan Indosat melalui lebih dari 80 juta pelanggannya.

"Kalau di Ideabox kami hanya dapat menginvestasi US$50 ribu, maka melalui Ideabox Ventures kita bisa investasi lebih besar lagi hingga US$500 ribu untuk per startup-nya," ucapnya.

Detik-detik Roket Space One Meledak di Udara Setelah 5 Detik Diluncurkan

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Managing Director Kejora, Andy Zain, menjelaskan bahwa Ideabox Ventures mengincar 6-8 startup per tahun dalam tiga tahun ke depan. Startup yang terpilih akan mengikuti program mentoring lebih dari 120 hari.

“Kita mencari startup awal yang baru punya investasi pre-seri A, lalu soal bidangnya startup tersebut di bidang teknologi, telko, media, dan emerging market,” katanya.

Meski telah memperkenalkan Ideabox Ventures, disampaikan Andy bahwa Ideabox masih berjalan, di mana saat ini pihaknya membuka program Ideabox tahap keempat. Pada program ini, Ideabox akan memilih startup kategori baru dari seluruh regional di Indonesia.

Startup yang terpilih nanti akan mendapatkan dana investasi hingga US$50 ribu. Nantinya, mereka akan mempresentasikan produknya selama lebih dari 120 hari yang didukung dan mendapat mentoring dari Indosat, Mountain Partners, dan Kejora,” tutur Andy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya