TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

23-11-1992: Smartphone Pertama Debut di Depan Publik

Penjualan hanya berjalan selama hampir setahun saja.
23-11-1992: Smartphone Pertama Debut di Depan Publik
IBM Simon Smartphone (BBC)

VIVA.co.id – Hari ini, 24 tahun lalu, ponsel pintar pertama, IBM Simon menjalani debut di hadapan publik dalam pameran teknologi dan komputer COMDEX di Las Vegas, Amerika Serikat.

Jangan bayangkan smartphone perdana itu, bentuknya mirip dengan smartphone pada masa kini.

Dikutip dari laman Time, Rabu 23 November 2016, IBM Simon hadir dengan desain dan bentuk yang jadul. Bentuknya mirip bata dan besar, panjangnya delapan inchi, lebar 2,5 inchi, dan ketebalan smartphone 1,5 inchi. Bobot IBM Simon mencapai 510 gram dengan memori 1 MB.

Meski diperkenalkan ke publik pada 23 November 1992, tetapi smartphone yang memiliki kode nama Angler itu baru dijual ke konsumen pada 16 Agustus 1994. Saat dijual ke konsumen, IBM Simon sudah dilengkapi dengan layar sentuh mendahului perangkat PDA, mampu mengelola email. Antarmuka IBM Simon bisa dinavigasi dengan stylus dan bisa juga dengan jari.

Fitur lainnya, yakni prediksi tulisan, PredictaKey yang terdapat pada keyboard.

IBM Simon dijual dengan harga US$1100, namun pengguna diberikan opsi harga US$900 dengan kontrak operator BellSouth selama dua tahun. Belakangan, karena program subsidi, harga IBM Simon turun menjadi US$600.

Penjualan IBM Simon hanya berjalan selama hampir setahun saja. Pada Februari 1995, IBM Simon tak dilanjutkan. Saat itu, angka penjualan IBM Simon mencapai 50 ribu unit.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP