23-11-1992: Smartphone Pertama Debut di Depan Publik

IBM Simon Smartphone
Sumber :
  • BBC

VIVA.co.id – Hari ini, 24 tahun lalu, ponsel pintar pertama, IBM Simon menjalani debut di hadapan publik dalam pameran teknologi dan komputer COMDEX di Las Vegas, Amerika Serikat.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Jangan bayangkan smartphone perdana itu, bentuknya mirip dengan smartphone pada masa kini.

Dikutip dari laman Time, Rabu 23 November 2016, IBM Simon hadir dengan desain dan bentuk yang jadul. Bentuknya mirip bata dan besar, panjangnya delapan inchi, lebar 2,5 inchi, dan ketebalan smartphone 1,5 inchi. Bobot IBM Simon mencapai 510 gram dengan memori 1 MB.

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Meski diperkenalkan ke publik pada 23 November 1992, tetapi smartphone yang memiliki kode nama Angler itu baru dijual ke konsumen pada 16 Agustus 1994. Saat dijual ke konsumen, IBM Simon sudah dilengkapi dengan layar sentuh mendahului perangkat PDA, mampu mengelola email. Antarmuka IBM Simon bisa dinavigasi dengan stylus dan bisa juga dengan jari.

Fitur lainnya, yakni prediksi tulisan, PredictaKey yang terdapat pada keyboard.

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

IBM Simon dijual dengan harga US$1100, namun pengguna diberikan opsi harga US$900 dengan kontrak operator BellSouth selama dua tahun. Belakangan, karena program subsidi, harga IBM Simon turun menjadi US$600.

Penjualan IBM Simon hanya berjalan selama hampir setahun saja. Pada Februari 1995, IBM Simon tak dilanjutkan. Saat itu, angka penjualan IBM Simon mencapai 50 ribu unit.

Ilustrasi aplikasi di smartphone

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

Dua HP (smartphone/ponsel pintar) terendus akan meluncur pada pekan ini atau dua minggu usai Lebaran.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024