TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Platform Ini Bisa Bantu Blogger Dulang Rupiah

Ini adalah platform yang didukung oleh teknologi "big data."
Platform Ini Bisa Bantu Blogger Dulang Rupiah
UC News saat menggelar acara bagaimana memonetasi blog dan web. (Viva.co.id/Endah Lismartini)

VIVA.co.id – Trend media sosial kini makin bergeser. Jika sebelumnya hanya menjadi ajang publisitas pribadi, kini media sosial terbuka untuk menjadi peluang baru mendulang pendapatan. Media sosial seperti Youtube, Instagram, Facebook, dan Twitter kini tak lagi sekedar medium kreatifitas. Karya yang ditampilkan juga makin beragam, mulai dari video humor hingga liputan jurnalis warga.

Kini, untuk mendulang pendapatan dari media sosial tak perlu repot. Jika dulu harus mengerti teknologi, lalu menyebarluaskannya ke berbagai aplikasi pertemanan serta memikirkan kata kunci yang sedang menjadi trending topic, saat ini tersedia solusi untuk semua itu, yakni UC News, sebuah platform yang diciptakan oleh raksasa perusahaan rintisan (start up), Alibaba.
 
“UC News merupakan platform didukung oleh teknologi ‘big data’ yang menyajikan berita pilihan dan terpopuler dengan lebih dari 20 kategori termasuk berita nasional dan internasional, teknologi, hiburan, film, gaya hidup, kesehatan, humor, dan lain-lain,” kata Ghanniy Fitra, Senior Business Development Manager of UC Web, Alibaba Mobile Business Group.

Penjelasan itu disampaikan Ghanniy pada acara Blogger Community and Indonesian Online Media Gathering, di arena Festival Media, Gedung Pustaka Wilayah, Pekanbaru, Riau, Sabtu, 19 November 2016. Menurut Ghanniy, UC News mengidentifikasi dan mencocokkan topik yang sedang hangat di Facebook dan Twitter, serta menentukan trending topic sebelum merekomendasikannya pada pengguna.

“UC News juga memungkinkan pengguna untuk mengatur konten berlangganan, memilih sendiri konten yang ingin dibaca,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Federal Marcos Senior Business Development Manager of UC Web, Alibaba Mobile Business Group, menambahkan bahwa selain mengelola konten regular, UC News juga membuka kesempatan untuk bekerjasama dengan blogger, narasumber,  dan penyedia konten lokal.  “Kami ingin menciptakan ekosistem konten digital yang mendukung semua orang di Indonesia,” katanya.

Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Suwarjono menyambut baik hadirnya UC News yang membuka kesempatan kerjasama dengan para penyedia konten. Selama ini para blogger dan jurnalis warga di Indonesia punya kesulitan teknis untuk mendulang pendapatan dari konten yang dibuatnya.

“Sehingga banyak yang berhenti membuat konten bermutu karena terkendala teknis dan biaya operasionalnya. Dengan hadirnya UC News, akan menggairahkan kembali para blogger dan jurnalis warga untuk meramaikan jagat internet dengan konten-konten bermutu,” paparnya.  

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP