TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Jabotabek Jabar Klaim Kontribusi 33 Persen Pasar Telkomsel

Ada total 37,6 juta pelanggan Telkomsel di kedua wilayah ini.
Jabotabek Jabar Klaim Kontribusi 33 Persen Pasar Telkomsel
Telkomsel Jabotabek Jabar (Tsel)

VIVA.co.id – Jumlah pelanggan Telkomsel yang saat ini sekitar 164 juta dikontribusi paling besar dari wilayah Jakarta dan sekitarnya. Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Jawa Barat diklaim menguasai sekitar 33 persen market share Telkomsel.

Menurut pihak Telkomsel, pangsa pasar Telkomsel untuk wilayah Jabotabek saja sekitar 31 persen, sedangkan di Jawa Barat pangsa pasarnya sekitar 36 persen. Saat ini ada 37,6 juta pelanggan Telkomsel di dua kawasan tersebut, yang sekitar 63 persen berasal dari kawasan Jabotabek. Sekitar 95 persennya adalah pengguna kartu prabayar.

"Hampir 20 juta pelanggan data dengan kontribusi pendapatan untuk area ini (Jabotabek Jabar) sekitar 36 persen. Dari 37 ribu BTS di seluruh Indonesia, sekitar 37 persen sudah melayani 4G," ujar Supervisor Corporate Communications & Integration Area Jabotabek & Jabar, Singue Kilatmaka melalui keterangan tertulis, Selasa, 22 November 2016.

Singue menambahkan, sudah ada sekitar 34 kota di Jabotabek-Jabar yang dilayani 4G. Dari angka itu, sekitar  35 persen berada di Jawa Barat.

"Ada sekitar 1,5 juta migrasi ke kartu 4G Telkomsel sejak Januari 2016. Sekitar  70 persen di antaranya melakukan migrasi melalui channel layanan pelanggan GraPARI Telkomsel. Total penggunanya di kedua area ini, sekitar 3,7 juta pelanggan. Pertumbuhan tertinggi ada di Jawa Barat," ujar Singue.

Supervisor Corporate Communications & Integration Area Jabotabek & Jabar, Singue

Supervisor Corporate Communications & Integration Area Jabotabek & Jabar, Singue Kilatmaka

Ditambahkan Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Yetty Kusumawati, selain memperkuat infrastruktur jaringan, Telkomsel Area Jabotabek Jabar juga terus mendorong pemanfaatan jaringan broadband untuk layanan digital. Telkomsel mencatat peningkatan yang cukup signifikan terhadap sejumlah layanan digital sejak kurun waktu awal tahun ini.

"Transaksi layanan digital penunjang gaya hidup meningkat sekitar 87 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, seperti transaksi layanan streaming music, salah satunya LangitMusik, yang meningkat hingga 456 persen," kata Yetty.

Adopsi layanan gaya hidup digital wilayah operasional Telkomsel Area Jabotabek Jabar, papar Yetty, juga terlihat dari peningkatan transaksi pemanfaatan layanan digital mobile payment TCash yang tumbuh hingga 56 persen. Saat ini total pengguna layanan TCash diklaim telah mencapai lebih dari 268 ribu pelanggan.

"Potensi berkembangnya layanan digital Telkomsel juga semakin bertambah melalui  pertumbuhan sekitar 242 persen transaksi layanan #JajanOnline yang menyediakan alternatif metode pembayaran digital dengan sistem potong pulsa untuk pembelian beragam item aplikasi online yang tersedia di Google PlayStore," katanya.

Intinya, kata Yetty, peningkatan transaksi sejumlah layanan telekomunikasi berbasis digital di Telkomsel rata-rata di atas 30 persen.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP