TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Industri TIK Bisa Bantu Milenial Dapat Pendidikan Tinggi

Dari 111 juta tenaga kerja RI, hanya 10% yang lulus perguruan tinggi.
Industri TIK Bisa Bantu Milenial Dapat Pendidikan Tinggi
Ilustrasi anak muda (ist/bondclinic)

VIVA.co.id – Generasi milenial memang tidak pernah bisa lepas dari teknologi digital. Dengan pendidikan berkualitas, milenial bisa menjelma menjadi kreator, developer, tak hanya menjadi pengguna (user).

Sayangnya, saat ini kesempatan milenial untuk mendapatkan jenjang pendidikan tinggi masih rendah. Menurut data yang dipaparkan Alexander Rusli, Ketua Dewan Pembina Yayasan Cendekia Milenia (YCM), dari sekitar 111 juta tenaga kerja di Indonesia, kurang dari 10 persen yang merupakan lulusan perguruan tinggi.

"Pendidikan yang lebih tinggi akan membuka kesempatan yang lebih baik bagi milenial untuk memanfaatkan perkembangan dunia kerja, khususnya bidang telekomunikasi. Di sisi lain, industri telekomunikasi Indonesia akan lebih maju bila semakin banyak tersedia sumber daya handal," ujar Alex, yang juga tercatat sebagai Direktur Utama Indosat Ooredoo, dalam keterangannya, Senin, 21 November 2016.

Alex menjelaskan, hal inilah yang melatarbelakangi dibentuknya YCM, membantu pemerintah merevolusi digital untuk revolusi ekonomi agar lebih cepat tercapai. 

"Sebagai negara yang menempati posisi ketiga untuk pertumbuhan ekonomi tertinggi, setelah China dan India, pemerintah Indonesia mencanangkan visi untuk menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020. Pertumbuhan di tengah melambatnya ekonomi global, tidak bisa dilepaskan dari dukungan dari sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi, terutama teknologi digital," katanya.

Oleh karena itu, YCM menggelar malam penggalangan dana oleh para pelaku industri TIK yang hasilnya akan diperuntukkan bagi pendidikan generasi muda Indonesia, untuk memajukan pendidikan di bidang teknologi digital yang semakin maju. 

Dana yang terkumpul, kata Alex, akan digunakan untuk kegiatan sosial edukatif yang selama ini telah dirintis dan dijalankan oleh YCM sejak 2013. Selama ini, YCM sudah menyeleksi sekitar 700 talenta dan menyalurkan beasiswa kepada 28 milenial untuk melanjutkan pendidikan S1 dan S2 di universitas terkemuka di dalam dan luar negeri.

Selain itu, YCM juga aktif menyelenggarakan berbagai aktivitas pendidikan non formal seperti workshop dan pelatihan.

YCM merupakan yayasan sosial dan nirlaba yang berfokus pada pendidikan bagi generasi milenial Indonesia. YCM juga berfokus menyiapkan talenta unggul dengan basis pendidikan yang kuat serta menguasai teknologi digital untuk menjadi pemain utama di dunia telekomunikasi Indonesia dan dunia digital di masa depan.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP