TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

20-11-1980: Penerbangan Bersejarah Pesawat Tenaga Surya

Awalnya, pesawat itu masih mengandalkan tenaga baterai.
20-11-1980: Penerbangan Bersejarah Pesawat Tenaga Surya
Solar Challenger (www.donaldmonroe.com)

VIVA.co.id – Hari ini 36 tahun lalu, menjadi momen bersejarah dalam percobaan penerbangan pesawat bertenaga surya. 

Dikutip laman Todayinsci, Sabtu, 19 November 2016, pada tanggal tersebut, pesawat Solar Challenger berhasil menjalani penerbangan pertama. 

Pesawat Solar Challenger didesain dan dikembangkan oleh Aero Vironment Inc, yang didirikan oleh inovator pesawat Paul MacCready. 

Pesawat Solar Challenger merupakan pengembangan dari desain Gossamer Penguin, pesawat berbasis tenaga surya yang merupakan varian lain dari pesawat berbasis tenaga manusia Gossamer Albatross. Awalnya, Solar Challenger memiliki bentang sayap 21,6 meter, namun kemudian akhirnya tim memilih memakai bentang sayap 14,17 meter.

Pada 7 Agustus 1980, Solar Challenger bisa terbang 1,95 mil dalam demonstrasi publik.

Kemudian, menurut laman Donaldmonroe, Solar Challenger mulai menjalani serangkaian uji penerbangan sejak November 1980. Namun pada awalnya, pesawat itu masih mengandalkan tenaga baterai.

Alasannya, pihak yang terlibat dalam pengembangan Solar Challenger tak ingin mengambil risiko kehilangan salah satu dari 16.126 sel surya yang nilainya saat itu mahal, lebih dari US$100 ribu. 

Pada awal percobaan, di Bandara Airport, dekat Bakersfield, California, Solar Challenger berhasil melompat kecil di landasan. Kemudian tim Solar Challenger makin percaya diri untuk mencoba penerbangan yang lebih tinggi dan lebih lama. Hasil uji coba tersebut membuat tim yakin pesawat bisa terbang selama 1,5 jam pada ketinggian 500 meter di atas daratan. 

Kemudian pada 20 November 1980, di lapangan El Mirage, Gurun Mojave, California Selatan, penerbangan bertenaga surya Solar Challenger berhasil dilakukan. 

Setelah sepekan Solar Challenger bisa terbang selama tiga sampai tujuh menit dengan menggunakan sinar Matahari musim dingin, kemudian tim melanjutkan untuk menerbangkan pesawat ke Marana Air Park, dekat Tuscon, Arizona. 

Dalam misi tersebut, tim berharap mereka bisa melalui percobaan penerbangan 100 kilometer. Setelah sepekan berada di Arizona, tim kemudian menerbangkan kembali Solar Challenger ke California Selatan, dan ditindaklanjuti dengan memodifikasi motor pesawat dan pemasangan baling-baling. 

Setelah selesai modifikasi, Steve Ptacek menjadi pemimpin proyek percontohan penerbangan Solar Challenger. 

Ptacek diketahui menerbangkan pesawat tenaga surya Solar Challenger dari Bandara Corneille-en-Verin, dekat Paris,Prancis menuju Manston Royal Air Force Base, Inggris dengan jarak 163 mil pada 7 juli 1981. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP