#IndonesiaBhinneka Puncaki Perbincangan di Twitter

Massa parade Bhineka Tunggal Ika di Patung Kuda.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mitra Angelia

VIVA.co.id – Parade Bhinneka Tunggal Ika yang digelar pada Sabtu 19 November 2016, menjadi perhatian publik. Di jagad Twitter, tanda pagar #IndonesiaBhinneka memuncaki topik percakapan di Indonesia.

Buka Bersama Perhimpunan Tionghoa, Istri Gus Dur Ingatkan Kemajemukan Indonesia

Dari pantauan VIVA.co.id di media sosial berlambang burung biru itu, sebanyak 6.979 cuitan disertai dengan tanda pagar  #IndonesiaBhinneka. 

Dari cuitan tersebut, akun @temanAhok menuliskan, “berapa jumlah kita semua???, kita satu, merinding, #IndonesiaBhinneka'.

Gol Perdana 'Bang Jay' di Timnas Indonesia, Netizen Beri Pujian

Sementara itu, akun lainnya @humaslabor memosting terkait dengan parade tersebut.

Jay Idzes Jadi Sorotan Usai Indonesia Bekuk Vietnam, Bek Liga Italia Memang Beda!

“Pemangku Kebijakan di Lombok Barat Ikrar Deklarasi Kebhinekaan Cinta Damai”, tulis akun tersebut. 

Semangat bhinneka juga disampaikanoleh akun @hariadhi. Akun tersebut mengunggah postingan yang mengingatkan identitas kesatuan.

“Kita siapa? Indonesia! Ingat kita berbhinneka yaaa,” tulis akun tersebut. 

Salah seorang panitia parade, Umi Azalea menyatakan, parade Bhinneka Tunggal Ika tidak mengatasnamakan politik. Mereka menggelorakan agar perbedaan kembali memupuk elemen bangsa menjadi satu kesatuan.

Umi mengatakan, parade tersebut mengingatkan kondisi kebangsaan yang akhir-akhir ini muncul peristiwa seperti peristiwa pemboman, perbedaan jadi caki maki.

“Kita satu Indonesia Merawat kembali Bhinneka Tunggal Ika," ujar dia sebelumnya. 

Ratusan orang dari berbagai suku dan agama telah berkumpul Bundaran Patung Kuda. Rangkaian acara yang rencananya digelar hingga pukul 12.00 ini, yakni Rangkaian acara, berupa gelatan kesenian, musik, orasi dan doa bersama lintas agama. Setelah itu peserta parade akan bergerak ke Bunderan Hotel Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya