TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Tiga Tips Mudah Bikin Sehat Baterai Smartphone

Penting diperhatikan cara yang benar saat pengisian daya.
Tiga Tips Mudah Bikin Sehat Baterai Smartphone
Wajib perhatikan ketahanan baterai

VIVA.co.id – Konsumen sering mengeluhkan baterai yang cepat soak. Bila mengalami hal demikian, konsumen tak jarang menyalahkan vendor smartphone, mereka kadang menuding kualitas baterai smartphone buruk. Tapi sebenarnya, ada pola 'kesehatan' baterai yang tidak dijaga dan dikontrol oleh penggunanya, sehingga menyebabkan baterai menjadi soak. 

Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Ahmad Irfan mengatakan, ada tiga hal penting yang dilakukan oleh pengguna agar baterai smartphone tetap sehat. Cara yang dikemukakan pun cukup mudah. 

Pertama, kata dia, gunakan charger baterai yang asli. "Asli dari boks-nya," ujar Ahmad saat ditemui saat peluncuran Samsung Galaxy J Prime di Hotel Shangri La, Jakarta, Jumat 18 November 2016.

Kemudian, Ahmad mengatakan, yang penting diperhatikan adalah pengisian daya. Ahmad menyarankan diupayakan jika baterai sudah 100 persen, smartphone segera dilepas dari charger. Ahmad mengatakan,  meski smartphone tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi quick charge, tetap sebaiknya melakukan hal tersebut dalam pengisian daya. "Untuk aman aja sih," kata dia. 

Terakhir, konsumen harus menghindari smartphone dari sinar matahari langsung. Seperti penyimpanan di dekat jendela, di dalam mobil, dan tempat lainnya yang memicu smartphone 'berjemur'. Sebab, perlakuan itu menyebabkan efek buruk, yaitu baterai mengembang dan lebih buruk mungkin akan meledak. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP