CEO Gojek Ungkap Tips Startup Mudah Disuntik Investor

CEO Gojek, Nadiem Makarim
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – CEO Gojek Nadiem Makarim memberi tips bagi para startup agar mudah mendapatkan aliran investasi. Seperti tren sekarang, perusahaan modal ventura sedang aktif melirik para startup untuk disuntik dana. 

Startup Kripto Ini sedang Bahagia

Menurut Nadiem, kebanyakan founder startup tidak berpikir luas. Mereka, kata Nadiem, hanya berpikir dari segi seberapa besar yang mereka incar tapi tidak menjual seberapa besar target nilai perusahaannya. 

"Mereka fokus analisis mikro tapi belum bisa menjual seberapa besar perusahannya. Coba (founder)  berpikir besar," ujar Nadiem saat ditemui dalam Konferensi teknologi Tech In Asia Jakarta 2016, di Balai Kartini, Kamis,  17 November 2016.

Startup Lokal Ini Ingin Menyuburkan Benih Revolusi

Tips kedua dari Nadiem adalah memastikan tim. Intinya, kata dia, selalu memastikan tim juga mendapat saham di startup tersebut. Tim akan solid jika ada rasa saling percaya. 

Dengan demikian, investor yang masuk akan merasa aman 'dititipkan' uang.  "Jangan berpikir hanya CEO saja yang memegang saham. Jangan pelit sama co-founder dan tim, tapi pelit ke investor. Di Gojek, waktu baru mulai, saya bagi-bagi saham kayak kacang. Jadinya semua pemilik," kata Nadiem. 

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Dia menyatakan, dengan dua tips tersebut,  seperti yang telah dia jalani. Maka akan mudah bagi startup tersebut maju dan dialiri dana investor. 

Anindya Bakrie (dok. Instagram @anindyabakrie)

Kunjungi Station F di Paris, Anindya Bakrie Ungkap Rencana Bangun Kampus Startup di IKN

Direktur Utama dan Chief Executive Officer (CEO) PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), Anindya Bakrie, mengunjungi Station F di Paris.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024