TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

CEO Gojek Ungkap Tips Startup Mudah Disuntik Investor

Tidak pelit berbagi saham ke tim adalah salah satunya.
CEO Gojek Ungkap Tips Startup Mudah Disuntik Investor
CEO Gojek, Nadiem Makarim (Viva.co.id/Agus Tri Haryanto)

VIVA.co.id – CEO Gojek Nadiem Makarim memberi tips bagi para startup agar mudah mendapatkan aliran investasi. Seperti tren sekarang, perusahaan modal ventura sedang aktif melirik para startup untuk disuntik dana. 

Menurut Nadiem, kebanyakan founder startup tidak berpikir luas. Mereka, kata Nadiem, hanya berpikir dari segi seberapa besar yang mereka incar tapi tidak menjual seberapa besar target nilai perusahaannya. 

"Mereka fokus analisis mikro tapi belum bisa menjual seberapa besar perusahannya. Coba (founder)  berpikir besar," ujar Nadiem saat ditemui dalam Konferensi teknologi Tech In Asia Jakarta 2016, di Balai Kartini, Kamis,  17 November 2016.

Tips kedua dari Nadiem adalah memastikan tim. Intinya, kata dia, selalu memastikan tim juga mendapat saham di startup tersebut. Tim akan solid jika ada rasa saling percaya. 

Dengan demikian, investor yang masuk akan merasa aman 'dititipkan' uang.  "Jangan berpikir hanya CEO saja yang memegang saham. Jangan pelit sama co-founder dan tim, tapi pelit ke investor. Di Gojek, waktu baru mulai, saya bagi-bagi saham kayak kacang. Jadinya semua pemilik," kata Nadiem. 

Dia menyatakan, dengan dua tips tersebut,  seperti yang telah dia jalani. Maka akan mudah bagi startup tersebut maju dan dialiri dana investor. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP