TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Operator Ini Berani Uji Jaringan di Atas Sungai Musi

Uji jaringan di darat dianggap lumrah.
Operator Ini Berani Uji Jaringan di Atas Sungai Musi
Jembatan Ampera membentang di atas Sungai Musi (ANTARA/ Eric Ireng)

VIVA.co.id – Salah satu operator selular di Indonesia, Smartfren, melakukan uji coba jaringan 4G LTE di sepanjang Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis 17 November 2016. Uji coba jaringan yang cukup ekstrim tersebut, dilakukan untuk memenuhi kebutuhan para pelanggannya yang kerap melakukan perjalanan laut.

Vice President Teknologi Relation and Spesial Project Smartfren, Munir ST mengatakan, uji coba jaringan melalui jalur darat merupakan hal yang sangat lumrah dilakukan. Namun, untuk kali ini mereka menguji jaringan 4G LTE di atas sungai.

"Tidak hanya di jalan, tetapi kita uji juga di sungai. Ini, khususnya satu hal yang beda dengan yang lain. Kita yakin dengan pembangunan kita yang cukup pasif, di semua lini dan plosok di Palembang. Umumnya di Sumsel jarigan 4G LTE masih bisa tetap digunakan tanpa ada kendala. Kalau di jalan sudah biasa, kita coba ekstrim dikit dengan mengetes jaringan di sungai" kata Munir.

Munir melanjutkan, tes jaringan 4G LTE Smartfren melalui jalur air, bukan hanya kali ini saja dilakukan. Uji coba juga pernah berada sepanjang laut Jakarta menuju Lampung dengan menggunakan kapal Feri. Selain itu hal serupa juga diuji dari Banyuwangi hingga Kilimanu.

"Hasilnya, jaringan 4G LTE masih bisa dinikmati," ujarnya.

Smartfren sendiri memiliki dua tahap besar fase-fase pembangunan jaringan berbasis LTE.

Pada fase pertama , Februari 2015, Smartfren mulai membangun LTE dengan target semua area CDMA, sampai tahun 2016. Pada tahun tersebut sebanyak 88 kota telah tercover jaringan 4G LTE hingga Agustus 2015. 

Kini, sepanjang awal 2016 hingga November, sudah 200 kota tercover oleh jarigan 4G LTE Smartfren.

"Dan, fase ke dua tujuan kita mempertebal, lokasi-lokasi kota yang memang memiliki pelanggan yang cukup banyak. Dinamakan densifikasi atau infiling, jadi memberikan layanan TDD. Untuk Palembang hari ini masih masuk di fase tahap dua. Kita sedang memasang TDD dan FDD , di Palembang ditingkatkan lebih besar, sehingga memberikan pelayanan maksimal. Kita mencoba memberikan sesuatu yang berbeda," ujarnya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP