TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

China Blokir Akun yang Sebut Kim Jong-Un 'Si Gendut Ketiga'

Pyongyang dikabarkan meminta langsung ke pemerintah China.
China Blokir Akun yang Sebut Kim Jong-Un 'Si Gendut Ketiga'
Kim Jong-un bersama Militer Korea Utara. (REUTERS/KCNA)

VIVA.co.id – China dikabarkan telah melakukan pemblokiran terhadap sejumlah akun yang mengolok-olok pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. Dunia maya di China memang saat ini sedang marak menyebut Kim Jong-un sebagai 'Si Gendut Ketiga'.

Dilansir melalui IBTimes UK, Kamis, 17 November 2016, pemblokiran ini dilakukan dengan menyensor kalimat 'Kim Fatty The Third'. Kabarnya, aksi yang dilakukan pemerintah China ini merupakan permintaan khusus dari Pyongyang. 

Kim Fatty The Third merupakan julukan baru yang mengolok pemimpin Korea Utara itu. Kim Jong-un memang berbadan tambun dan merupakan generasi ketiga dari dinasti Kim yang telah menguasai Korea sejak 1948.

Julukan yang terkesan meremehkan itu rupanya cukup marak di kalangan anak muda China. Sebutan itu dilontarkan sebagai wujud dari kritik atas perilaku otokratis Kim di perbatasan Selatan Korea Utara.

Saking banyaknya netizen China yang menggunakan istilah itu, mesin pencarian Baidu pun kerap mengeluarkan rekomendasi hasil pencarian dengan julukan itu. Namun pekan ini istilah itu sulit ditemukan di dunia maya. Baik istilah Jin San Pang (Kim Fat III) maupun Kim Fat Fat Fat.

"Pemerintah China berkomitmen untuk membangun lingkungan opini yang sehat dan beradab. Kami tidak menolerir negara atau siapapun yang melakukan penghinaan dan pelecehan," ujar Menteri Luar Negeri China Geng Shuang.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP