TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Netizen Galang Dana untuk Korban Bom di Samarinda

Dana yang terkumpul sampai saat ini sudah lebih dari Rp40 juta.
Netizen Galang Dana untuk Korban Bom di Samarinda
Kondisi Gereja Oikumene Samarinda usai terkena lemparan bom jenis Molotov, Minggu (13/11/2016). Empat orang anak-anak menjadi korban kejadian ini. (VIVA.co.id/twitter)

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu peristiwa bom mengguncang Samarinda, tepatnya di Gereja Oikumene, sehingga menimbulkan korban. Melihat aksi tak berperikemanusiaan itu netizen mulai gotong royong galang dana untuk korban.

Adalah Adjie Silarus, yang berprofesi sebagai yoga trainer, memprakarsai penggalangan dana di Internet dengan memanfaatkan situs kitabisa.com.

“Cobaan yang mereka terima sudah cukup berat, saatnya kita berempati dan berangkulan tangan untuk ikut meringankan beban mereka. Besar kecil donasi bukan masalah," ujar Adjie melalui siaran pers yang dikirim Kitabisa kepada VIVA.co.id, Rabu 16 November 2016.

Disampaikan bahwa penggalangan dilakukan sejak Senin malam, 14 November 2016, kampanye yang digalakkan oleh Adjie menjadi viral di dunia maya. Hal itu memberi dampak dengan terkumpulnya dana mencapai Rp42 juta dari 195 donatur.

Terkumpulnya nilai dana untuk korban bom Samarinda ini di luar target dan mendapat respon positif. Sebelumnya, Adjie menyasar kampanyenya di Kitabisa itu dapat meraup dana Rp30 juta.

“Maafkan kami yang gagal bikin tempat hidup yang layak,” ujar Arvin Tunas salah seorang donatur yang menitipkan pesan pada donasinya.

Kampanye ini akan terus berjalan hingga tanggal 22 November. Donasi yang terkumpul akan didistribusikan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) kepada keluarga korban. Bagi yang tertarik untuk berdonasi bisa langsung mengunjungi kitabisa.com/bomsamarinda dan klik tombol “Donasi Sekarang”, dari sana akan muncul nomer rekening yang bisa ditransfer.

“Kitabisa memberikan pengalaman donasi seperti belanja online. Semuanya bisa dibaca secara jelas dan transparan, ada banyak pilihan pembayaran, dan donatur akan mendapatkan laporan penggunaan dana melalui email," tutur Chief Executive Officer (CEO) Kitabisa Alfatih Timur.

Sampai saat ini, sebagai situs crowdfunding, Kitabisa sendiri sudah mengumpulkan donasi Rp49 miliar dari lebih 2.000 kampanye sosial.

"Siapapun, darimanapun, bisa galang dana di kitabisa, mulai untuk biaya medis, beasiswa, bangun rumah ibadah, dan lainnya. Tinggal buka website kami dan klik tombol “galang dana”. Kami berusaha membuat proses galang dana menjadi lebih transparan dan viral," tambah Alfatih.

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP