TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Pindai Foto 'Jadul' Anda Jadi Digital dengan PhotoScan

Aplikasi ini bisa diunduh di ponsel pintar.
Pindai Foto 'Jadul' Anda Jadi Digital dengan PhotoScan
PhotoScan. (Dok. Google)

VIVA.co.id – Google memberikan tambahan aplikasi canggih untuk menyelamatkan foto penggunanya. Dengan aplikasi baru nan canggih ini pengguna dimungkinkan mengubah foto lama yang ditampilkan di kertas khusus, menjadi file digital yang bisa ditampilkan di smartphone atau dibagi di media sosial.

Aplikasi bernama PhotoScan ini dibuat terpisah dari Google Photos dan bisa didownload melalui PlayStore maupun Appstore Apple. Bisa juga digunakan untuk versi desktop. Secara tidak langsung, aplikasi ini mempertemukan foto jadul dengan alat pemindai yang ada di ponsel.

“Kita semua memiliki foto di album lama yang ingin disimpan selamanya. Tapi memindai satu foto dengan sempurna bisa memakan waktu yang lama. Saat mencoba memotret foto dengan ponsel kadang ada silau dan warna yang tidak sesuai. Lewat teknologi PhotoScan, Google ingin memberikan cara yang lebih mudah,” kata Jingyu Cui, Software Engineer, Google Photos, dalam keterangannya, Senin, 16 November 2016.

Dikatakan Cui, PhotoScan didesain untuk memberikan kemudahan saat memindai foto. Secara otomatis, aplikasi ini akan mendeteksi bingkai, meluruskan foto, memutarnya ke rotasi yang akurat, dan menghilangkan 'silau' yang kerap muncul saat memotret foto lama dengan ponsel.

"Semua foto yang sudah dipindai dapat disimpan dengan sekali ketuk saja ke Google Photos, untuk bisa diatur, dicari, dibagi, dan disimpan ke Google Drive, secara gratis," katanya.

Selain menghadirkan PhotoScan, Google juga mengembangkan beberapa fitur baru yang penting dalam Google Photos. Misalnya Auto Enhance, 12 filter machine inteligence, dan kontrol cahaya maupun warna.

Auto Enhance bisa digunakan secara otomatis untuk menyeimbangkan exposure dan saturation sehingga detail foto lebih nyata. Sedangkan 12 Filter Machine Intelligence berfungsi untuk menganalisis dan memperbaiki sesuai kekurangan dan kelebihan foto yang dipilih, baik brightness, darkness, warmth, dan saturation, sebelum filter diaplikasikan.

"Sedangkan kontrol untuk cahaya dan warna bisa memainkan highlight, shadow dan warmth juga deep blue. Ini ideal untuk foto dengan objek laut atau langit," ujarnya.

Google PhotoScan sudah bisa diunduh untuk pengguna Android, iOS atau versi desktop, di Indonesia.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP