TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

WhatsApp Perkenalkan Fitur Pengamanan Baru

Fitur ini mereka namakan Otentifikasi Dua Langkah.
WhatsApp Perkenalkan Fitur Pengamanan Baru
Aplikasi WhatsApp. (U-Report)

VIVA.co.id – Bulan April lalu, platform layanan pesan instan, WhatsApp mengenalkan fitur keamanan Enkripsi End-to-End. Kini, mereka kembali uji coba fitur pengamanan terbaru, yakni Otentifikasi Dua Langkah.
 
Informasi dari pihak WhatsApp, seperti dilansir Wired, Jumat 11 November 2016, versi beta platform dengan fitur otentifikasi dua langkah sudah tersedia, versi beta 2.16.346.  WhatsApp menjelaskan, fitur Otentifikasi Dua Langkah ini boleh diaktifkan dan tidak, tapi tujuan dari otentifikasi dua langkah ini adalah untuk verifikasi nomor telepon pengguna.

Saat verifikasi, pengguna diharuskan memasukkan kata sandi sebanyak enam digit. Fungsinya, untuk menghindari tangan jahil atau hacker yang ingin mengakses akun WhatsApp pengguna, dengan menverifikasi nomor pengguna tersebut pada handset lain. Tapi, itu tidak bisa dilakukan karena pengguna telah mengamankan nomornya dengan Otentifikasi Dua Langkah.
 
Selain kata sandi, pengguna disarankan untuk memasukkan alamat email. Alamat email berfungsi untuk menonaktifkan fitur tersebut, jika seandainya pengguna lupa kata sandi, email akan membantu. “Kami tidak memverifikasi alamat email ini untuk mengkonfirmasi keakuratan. Kami sangat menyarankan Anda memberikan alamat email akurat sehingga Anda tidak terkunci dari akun Anda, jika Anda lupa passcode. Jika Anda menerima email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah, tapi tidak meminta ini, jangan klik link tersebut. Seseorang bisa mencoba untuk menverifikasi nomor telepon Anda pada WhatsApp,” ujar WhatsApp menuliskan fungsi fitur keamanan baru tersebut.
 
Cara mengaktifkannya, cukup buka pengaturan WhatsApp, pilih Account, lalu pilih Verifikasi Dua Langkah dan aktifkan. Tapi, jika pengguna tetap mengaktifkan fitur tanpa memasukkan sandi, akan ada verifikasi nomor telepon setiap tujuh hari sekali. 
 
Dan jika pengguna tidak mencantumkan alamat email ketika verifikasi dua langkah, pengguna juga harus menunggu tujuh hari kemudian untuk validasi nomor telepon. Selama itu pula, pengguna tidak bisa menggunakan WhatsApp dengan nomor tersebut.

Jadi cara yang paling aman sebaiknya memasukkan kata sandi dan alamat email.

(mus)
 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP