TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Sel Terbuang Ini Bisa Bikin Wanita Subur  

Teknik ini dipercaya dua kali lebih ampuh dari semua teknik kesuburan.
Sel Terbuang Ini Bisa Bikin Wanita Subur  
ilustrasi sel telur. (www.sciencealert.com)

VIVA.co.id – Para ilmuwan di Oregon Health & Science University (OHSU) dan Institut Salk, Amerika Serikat (AS) menjadikan sel yang biasanya hanya terbuang menjadi ‘obat’ untuk kesuburan wanita. Teknik ini pun dipercaya dua kali lebih ampuh dari obat kesuburan apa pun.
 
Salah seorang penelitinya, Hong Ma mengatakan, sel yang terbuang itu adalah badan polar. Badan polar adalah sel-sel kecil yang terbentuk saat proses pembentukan dan pematangan sel telur.
 
Ketika sel telur matang, badan polar akan luruh dalam bentuk cairan. Tapi, materi genetiknya hampir sama dengan sel telur. “Biasanya, badan polar hancur dan hilang selama perkembangan telur. Tapi, kini kami mampu mendaur ulang mereka. Kami berharap bahwa dengan melakukan hal ini, dapat melipatgandakan jumlah telur pasien tersedia untuk fertilisasi in vitro (IVF/teknik bayi tabung),” kata Ma.
 
Saat ini, kata Ma, mereka belum ke tahap teknik IVF. Uji coba telah berhasil dilakukan terhadap pembuahan di dalam rahim, dengan cara transplantasi sel telur dengan badan polar.
 
Ketika dibuahi dengan sperma, telur yang dihasilkan pun berkembang menjadi embrio yang laik.
 
Meskipun teknik ini masih pengujian lebih lanjut, dan butuh waktu lama untuk uji klinis, menurut Ma, teknik transplantasi badan polar ini ampuh untuk wanita lanjut usia. Sel telur yang mulai tidak subur di usia lanjut pun bisa dibantu dengan badan polar.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP