TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Mengapa Hewan Laut Suka Makan Plastik

700 spesies hewan laut memakan plastik.
Mengapa Hewan Laut Suka Makan Plastik
Diperkirakan, pada saat ini lautan dunia sudah berisi 150 juta ton plastik. (VIVA.co.id/Danar Dono)

VIVA.co.id – Banyak ilmuwan yang berpikir binatang tertarik memakan plastik karena bentuknya yang dikira seperti makanan. Misalnya banyak kasus kematian penyu karena pencernaan mereka tidak bisa memproses plastik. 

Dilansir Newsy, Kamis 11 November 2016, ilmuwan University of California Davis, Amerika Serikat mengatakan, selain bentuknya yang dianggap seperti makanan. Ternyata, binatang laut tertarik dengan plastik karena karena baunya yang tercampur dengan bau lautan.

Seperti penelitian yang dilakukan ilmuwan terhadap burung laut, ternyata bukan hanya burung laut yang memakan plastik, lebih dari 700 spesies laut yang memakannya. 

Menurut peneliti, dari riset yang dilakukan saat plastik tersangkut atau mengambang di laut. Bau binatang laut, misalnya bau udang pun lengket pada plastik tersebut. Dengan bau tersebut pantas plastik sangat disukai oleh burung laut. 

"Hampir 90 persen burung laut memakan plastik. Dan pada 2050 mungkin angkanya sudah jauh lebih banyak dari itu," kata para ilmuwan yang meneliti. 

Sekarang tercatat, lebih dari 100 ribu hewan laut mati karena kasus memakan plastik. Penyebab terbesar karena plastik tersebut tidak tercerna. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP