TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Rayakan Kesuksesan, India Keluarkan Uang Planet Mars

Uang baru tampilkan pesawat antarplanet India yang mengorbit Mars.
Rayakan Kesuksesan, India Keluarkan Uang Planet Mars
Bank Sentra India mengeluarkan uang baru bermotif Planet Mars (www.space.com)

VIVA.co.id – India punya cara unik untuk merayakan tiga tahun sukses pesawat antarplanet mereka mengorbit Planet Mars. Bank sentral India mengeluarkan uang baru dengan cetakan yang mengilustrasikan misi pesawat Mangalyaan pada sisi belakang uang tersebut. Untuk sisi depan uang baru itu, menampilkan tokoh pergerakan kemerdekaan India, Mahatma Gandhi. 

Dikutip dari Space.com, Kamis 10 November 2016, peluncuran uang baru ini untuk menandai kesuksesan pesawat pengorbit Mars atau Mangalyaan yang diluncurkan Organisasi Riset Antariksa India pada 5 November 2013. 

Uang baru yang dikeluarkan yaitu pecahan 200 Rupee, pengganti uang pecahan 1000 Rupee. Pecahan 2000 Rupee itu merupakan denominasi tertinggi uang di India untuk saat ini. 

"Denominasi baru itu punya motif Mangalyaan pada sisi baliknya dan menggambarkan usaha pertama negara yang mandiri dalam misi ruang antarplanet," jelas Bank Sentral India dalam keterangan resminya. 

Uang Mars itu berwarna magenta dan punya desain khusus yaitu pola geometrik yang selaras dengan skema warna keseluruhan, baik pada sisi depan atau sisi belakang.

India bukan negara pertama yang merayakan keberhasilan misi antariksa mereka dalam mata uang. Sebelumnya pada November 2013, Bank of Canada juga mengedarkan uang baru $5 yang menampilkan lengan robotik Canadarm2 an Dextre, manipulator yang dipakai membangun dan merawat Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Dua tahun kemudian, pada Desember 2015, Bank Sentral Tiongkok merilis uang 100 Yuan untuk merayakan 45 tahun peluncuran misi antariksa Tiongkok. Pada uang tersebut, menampilkan pesawat berawak Tiongkok, Shenzhou 9, laboratorium antariksa Tiangong-1, Dongfanghong-1, satelit pertama Tiongkok dan Chang'e-1, pengorbit Bulan pertama Tiongkok. 

Bicara pesawat pengorbit Mars India, tercatat mulai mengorbit Planet Merah pada 23 September 2014, setelah perjalanan sepuluh bulan dari Bumi. 

Keberhasilan India mengorbitkan pesawat itu menjadikan pesawat ke-13 dalam sejarah orbit Planet Merah. 

"India telah menjadi negara pertama yang membuat sejarah mencapai Mars dengan upaya mandiri. Saya mengucapkan terima kasih kepada negeri ini," kata Perdana Menteri India, Narendra Modi saat mengonfirmasi pesawat telah mengorbit Mars pada 2014 lalu. 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP