Cara NASA Ikut Demam Pemilihan Presiden AS

Bendera AS di modul dalam Stasiun Antariksa Internasional
Sumber :
  • www.nasa.tumblr.com

VIVA.co.id – Amerika Serikat sedang hangat untuk memilih pemimpin baru mereka. Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) turut mengingatkan warga AS di seluruh dunia dalam pemilihan Presiden AS tersebut. Cara NASA memeriahkan Pilpres AS yakni mengunggah foto Negeri Paman Sam dari antariksa.

7 Fakta Sains Menakjubkan di Dunia yang Belum Banyak Terungkap

Dikutip dari Space, Rabu 9 November 2016, NASA memosting tweet yang menunjukkan nuansa cerah Amerika Utara dan Amerika Tengah dari luar angkasa. 

"Selamat pagi Amerika!, hari ini #ElectionDay. Lihatlah negeri kita dalam Biru Marbel ini. Mengingatkan untuk memilih hari ini!" tulis akun Twitter NASA. 

Bisa Dihuni Manusia, Ini 10 Fakta Stasiun Luar Angkasa ISS

Selain itu, dalam Pilpres kali ini, ada satu astronot NASA yang memilih dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS), yaitu Shane Kimbrough.

Sementara untuk tahun ini tercatat ada dua astronot yang memilih dari ISS, yaitu selain Shane Kimbrough, ada Kate Rubins.

Stasiun Luar Angkasa AS-Rusia Masuk Dalam Ketegangan Geopolitik

Rubin telah kembali ke Bumi dari ISS pada 6 November lalu, tapi dia memilih dalam pemilu pendahuluan dari ISS. Sedangkan Kimbrough meluncur ke ISS pada pertengahan Oktober untuk menjalankan misi selama empat bulan. Untuk itu, Kimbrough akan melewati tugasnya dengan memilih di ISS. 

"Saya pikir sangat luar biasa (memilih dari ISS). Sangat luar biasa kami bisa memilih dari sini dan saya pikir ini sangat penting bagi kami memilih dalam sebuah pemilu," kata Rubins pada kahir Oktober lalu dalam wawancara dengan NASA. 

AS memang telah memiliki ketentuan yang memungkinkan astronot yang bertugas untuk memilih dalam Pemilu AS, berkat sebuah undang-undang Texas yang dikeluarkan pada 1997. 

Sebagian besar astronot AS bertempat tinggal di Texas untuk itu mereka tetap menyuarakan pilihannya. Astronot dalam hal bertugas dianggap menjadi warga yang bertempat tinggal di orbit rendah Bumi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya