TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Tips Lebarkan Sayap Bisnis Online ke Luar Negeri

Ekosistem pasar luar negeri beda dengan pasar dalam negeri.
Tips Lebarkan Sayap Bisnis Online ke Luar Negeri
Ilustrasi internet. (Pixabay)

VIVA.co.id – Sebagai pelaku usaha, tentu produk usahanya tak ingin hanya berkutat di satu wilayah saja. Mengekspansi pasar luar negeri merupakan sebuah impian dari pebisnis sebagai bentuk dari prestasi usaha yang dijalankan.

Namun, untuk go international tentu diperlukan pertimbangan, seperti salah satu faktor yang penting diperhatikan adalah memastikan website Anda cocok dengan konsumen di mana pun mereka berada.

Para pemilik bisnis, termasuk pemilik UKM, harus memahami berbagai macam fungsi dan layanan yang ditawarkan pembuat website agar dapat memenuhi kebutuhan khalayak dengan latar belakang budaya yang berbeda-beda.

Untuk itu, Verisign, sebagai pemimpin global nama domain dan keamanan internet, dalam keterangannya Selasa 8 November 2016, memberikan sejumlah tips yang perlu dipertimbangkan bagi para pemilik bisnis, apabila ingin melebarkan sayapnya ke mancanegara.

1. Bahasa dan lokalisasi

Salah satu tantangan terbesar dalam memasarkan dan menjual produk ke luar negeri adalah kendala bahasa. Karenanya, penting untuk memperhatikan terjemahan bahasa dalam website. Pemilik bisnis bisa menggunakan jasa pembuatan website yang menyediakan layanan alih bahasa secara mudah untuk pengunjung. Dengan ketersediaan berbagai bahasa, pelanggan bisa dengan mudah beralih ke bahasa mereka.

Dalam pemasaran ke pasar internasional, penting juga untuk memastikan alamat website mewakili keberadaan global. Penggunaan domain .com bisa mewakili hal tersebut. Ditambah dengan tersedianya berbagai bahasa di website, tentu akan menarik bagi para pelanggan di luar negeri.

Setelah mendaftarkan alamat website berdomain .com, pebisnis juga bisa mendaftarkan nama domain lain dengan ekstensi berbeda atau bahkan dengan ekstensi domain khusus untuk negara tertentu, namun tetap diarahkan ke website utama, sehingga bisa memperbesar trafik.

2. Sistem Pembayaran Internasional

Hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah perbedaan mata uang. Sangat disarankan bagi pebisnis online untuk menyediakan berbagai solusi sistem pembayaran terutama yang sudah diakui secara internasional seperti WorldPay dan Paypal. Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan calon pelanggan.

3. Perbedaan Mata Uang

Menyediakan berbagai pilihan mata uang untuk pembayaran tentu menarik bagi pelanggan di seluruh dunia. Seorang pelanggan dari Amerika misalnya, tentu tidak akan nyaman membayar menggunakan mata uang rupiah. Banyak layanan pembuat website yang menawarkan paket konversi mata uang. Dengan mengaktifkan fitur ini, pelanggan dapat memilih satu sistem pembayaran yang nyaman untuk mereka.

4. Sistem Pengiriman Internasional

Tips terakhir untuk memaksimalkan penjualan di luar negeri adalah menyediakan pilihan pengiriman internasional. Untuk memuaskan pelanggan di luar negeri dan membuat mereka kembali membeli produk yang ditawarkan, penting bagi pebisnis untuk mencari mitra pengiriman lokal yang menyediakan jasa pengiriman ke luar negeri.

Di Indonesia, perusahaan pengiriman barang seperti JNE, TIKI, dan Pos Indonesia bisa menyediakan layanan tersebut. Menyediakan pilihan pengiriman lebih dari satu juga akan memberikan layanan lebih baik yang bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.

Kredibilitas yang kuat, bisa dipercaya, dan selalu berusaha memenuhi kebutuhan konsumen merupakan karakteristik yang akan sangat diperhatikan oleh para pelanggan baik di Indonesia maupun di luar negeri. Dengan menjalankan strategi-strategi di atas, bisa membawa bisnis Anda sukses di pasar domestik maupun internasional.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP