TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Samsung Siapkan Enam Proyek Baru dari Dapur C-Lab

Salah satunya aplikasi membuat musik hanya dengan senandung
Samsung Siapkan Enam Proyek Baru dari Dapur C-Lab
Iklan Samsung Galaxy S7 edge (Reuters/Charles Platiau)

VIVA.co.id – Samsung mengklaim telah mengembangkan beberapa aplikasi dan perangkat yang sangat berguna bagi masyarakat. Temuan terbaru Samsung itu diracik dan dikembangkan di dalam dapur inovasi Samsung C-Lab.

Perusahaan asal Korea itu memang memiliki pusat inovasi yang dinamakan Creative Lab Projects atau C-Lab. Ini merupakan program in-house inkubator yang membina para karyawan Samsung untuk memelihara ide bisnis kreatif dan meluncurkan perusahaan-perusahaan rintisan (startup) baru.

Beberapa proyek yang saat ini siap dikembangkan adalah Ketika Hum on!, Waffle, ItsyWatch, Ahead, LiCON dan FITT360. Masing-masing diklaim memiliki fungsi yang unik. Ada perangkat, aplikasi mobile, dan juga jejaring sosial.

1. Hum On!
Aplikasi mobile ini di desain untuk membantu membuat musik, cukup dengan bersenandung. Dengan mengkonversi senandung seseorang ke dalam notasi musikal, Hum On! memungkinkan individu yang tidak memiliki latar belakang musikal untuk dapat membuat musik menggunakan beragam instrumen. 

2. Waffle
Layanan jejaring sosial ini memungkinkan pengguna untuk menggambar dan meninggalkan hasil doodles atau coretannya di wall pengguna lain. Pengguna nantinya dapat menambahkan cerita atau konten visual lainnya untuk membuat karya seni sosial yang lebih menarik dan kompleks.

3. ItsyWatch 
Perangkat ini dapat dikenakan pada anak-anak untuk membantu mereka membangun kebiasaan yang baik. Perangkat ini memberikan anak-anak kesempatan untuk memelihara binatang virtual mereka. Selain itu juga di desain sebagai pelepas stress bagi orangtua dan memperkuat ikatan emosional di antara anggota keluarga.

4. Ahead 
Perangkat komunikasi bagi para pengguna helm, seperti pengendara sepeda, pemain ski, dan pengendara motor. Perangkat ini memberikan penggunanya pilihan hands-free yang dapat menggantikan ponsel atau walkie-talkie. Perangkat ini juga memungkinkan penggunanya untuk mendengarkan musik dan menerima notifikasi suara. 

5. LiCON 

Di perangkat ini kamera smartphone digunakan untuk mengenali dan mengontrol perangkat Internet of Things (IoT). Untuk menggunakan LiCON, konsumen hanya perlu meluncurkan aplikasi LiCON dan mengambil foto dari perangkat pintar apa saja – mulai dari mainan sampai botol dan peralatanlainnya. Aplikasi ini kemudian diluncurkan secara langsung. 

6. FITT360 
Fitt360 adalah camcorder 360 derajat yang dapat dikenakan dan memungkinkan pengguna untuk menangkap semua adegan di sekitar mereka. Dibandingkan dengan kamera 360 derajat yang sudah ada dipasaran dengan ukuran besar dan nyaman, FITT360 dapat digunakan hands-free dengan mudah, yang memungkinkan penggunanya untuk menjadi terlibat sepenuhnya dalam konten VR. 

"Sejak didirikan pada 2012, Samsung C-Lab telah mendorong pemikiran kreatif di seluruh perusahaan dan didukung lebih dari 150 proyek. Enam proyek terbaru ini hanyalah beberapa teknologi yang menarik dan terdepan untuk Samsung Electronics," ujar pihak Samsung melalui keterangan tertulis.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP