TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Ada Kadal Laut Raksasa Hidup di Antartika 66 Juta Tahun Lalu

Kadal raksasa itu berukuran 12-14 meter.
Ada Kadal Laut Raksasa Hidup di Antartika 66 Juta Tahun Lalu
Ilustrasi mosasaurs bertarung (www.mirror.co.uk/Reuters)

VIVA.co.id – Peneliti University of Chile, mengungkap penemuan kadal laut raksasa yang selama ini hanya ada dalam cerita dongeng, mosasaur. Hewan purba itu diperkirakan hanya hidup di Antartika sekira 66 juta tahun yang lalu. 

Bentuk mosasaur digambarkan sebagai hewan yang menyeramkan, dia hidup di akhir zaman keberadaan dinosarurus. 

Dilansir dari laman Mirror, Selasa 8 November 2016, salah seorang peneliti yang menemukan fosil mosasaur, Rodrigo Otero, menyebutkan panjang tubuh mosasaur diperkirakan 12 sampai 14 meter. Biasanya kadal raksasa ini memangsa reptil lain di laut. 

Peneliti mengatakan, mereka menemukan fosil tengkorak 1,2 meter kadal laut itu di Semenanjung Antartika. Tengkorak tersebut telah ditemukan oleh peneliti sejak 2010, di Seymour Island di lepas semenanjung Antartika. Saat ditemukan, sebagian besar fosil itu berada pada kedalaman lumpur di bawah kondisi cuaca oleh ekspedisi peneliti Chile.

Makhluk yang kini dinamai Kaikaifilu hervei adalah hewan terbesar yang ditemui di belahan Bumi selatan. 

"Sebelum penelitian ini, sisa mosasaur dari Antartika tidak membuktikan kehadiran predator raksasa seperti Kaikaifilu, dalam lingkungan yang mana berlimpah plesiosaurus," jelas Otero. 

Mangsa favorit makhluk itu adalah plesiosaurus, dan mungkin juga aristonectine, reptil laut berleher panjang.

Kaikaifilu dan dinosaurus seperti Tyrannosaurus rex hidup pada masa yang sama yaitu akhir periode Creataceous. Kepunahan Kaikaifilu diperkirakan akibat dampak meteor raksasa di lepas pantai Meksiko.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP