Obesitas Picu Lima Jenis Kanker Berbahaya Ini

wanita Obesitas liburan
Sumber :
  • pixabay/faniadimas

VIVA.co.id – Obesitas bukanlah masalah sepele, hampir 30 persen penduduk di setiap negara mengalami obesitas. Obesitas atau berat badan berlebih, dapat memicu berbagai penyakit salah satunya ragam jenis kanker.

7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Obesitas

Berikut lima jenis kanker yang dapat dipicu oleh kondisi obesitas atau berat badan berlebihan, dikutip dari laman Prevention.

1. Perut

85 Persen Ibu Pilih Beri Susu Formula Ketimbang ASI, Ahli Ungkap Dampaknya

Kelebihan lemak di tubuh dapat memicu peradangan kronik, khususnya di jalur gastrointestinal (lambung dan usus). Peradangan kronik yang dibiarkan menyebar dalam waktu lama, membuat iritasi dari asam lambung dan akhirnya memicu timbulnya kanker.

2. Hati

Sama-sama Atasi Obesitas, Apa Perbedaan Operasi Bariatrik dan Balon Lambung?

Pada organ ini, berkaitan erat dengan minuman beralkohol yang pada akhirnya menyebabkan timbunan lemak di hati. Lemak yang berlebihan, akhirnya menyebabkan sirosis hati dan memicu kanker.

3. Ovarium

Sel lemak mampu memproduksi estrogen berlebih, kondisi tersebut bisa memicu terjadinya lemak di sekitar payudara dan ovarium. Hal ini, sering terjadi pada kaum wanita yang sudah mengalami menopause. Namun, tidak menutup kemungkinan hadirnya kanker akibat timbunan lemak berlebih yang mengakibatkan produksi hormon estrogen juga berlebihan.

4. Meningioma

Sama halnya dengan kanker ovarium, meningioma juga dipicu oleh kelebihan hormon pada tubuh akibat timbunan lemak. Meski banyak yang beranggapan bahwa kasus ini dipicu oleh jaringan yang menutupi otak, namun, hormon yang terlalu banyak diproduksi tubuh menjadi pemicunya.

5. Tiroid

Sebuah studi di tahun 2012, kembali mengaitkan produksi hormon berlebih dengan kanker tiroid. Tapi ternyata, lebih dari itu, studi tersebut turut menemukan kaitan antara berat badan berlebih dengan kanker tiroid.

Di mana, kelenjar tiroid itu membesar akibat adanya peningkatan berat badan. Semakin besar kelenjar tiroid, semakin besar potensi sel bermutasi menjadi sel kanker.

Ilustrasi sel kanker.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya