TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Perkenalkan Artik, Platform Cerdas IoT dari Samsung

Produsen perangkat bisa menjadikan buatan mereka bagian dari IoT.
Perkenalkan Artik, Platform Cerdas IoT dari Samsung
Samsung Artik (Istimewa)

VIVA.co.id – Samsung sepertinya tidak hanya ingin menjadi produsen perangkat, tetapi juga inovasi. Setelah sukses di pasar smartphone dan beberapa produk elektronik lainnya, Samsung ingin mengkoneksikan semuanya hingga bisa mengikuti tren internet of things (IoT) yang kini sedang berkembang.

Untuk bisa membuat perangkat terhubung dan menjadi bagian dari IoT dalam waktu cepat, Samsung mengembangkan platform cerdas dengan nama Artik. Samsung Artik saat ini memiliki dua modul, Artik 0 dan Artik 7, untuk pengembangan IoT lengkap guna membantu perusahaan mengambil proyek IoT mereka, dari konsep ke sebuah realita, dalam waktu singkat.

"IoT adalah salah satu bidang fokus dan pertumbuhan strategis utama Samsung. Saat ini, banyak bisnis berjuang untuk membangun solusi IoT secara in-house. Mereka harus bergulat dengan tugas-tugas membangun infrastruktur scalable menambahkan keahlian baru dan mengelola integrasi yang rumit,” ujar Executive Vice President & Chief Technology Officer untuk Samsung Strategy & Innovation Center, Dr. Byungse So dalam keterangannya, Senin 7 November 2016.

Dipaparkannya, sebuah studi terbaru oleh kelompok 451 menemukan sebanyak 65 persen dari perusahaan menggunakan Internet of Things (IoT) untuk mengoptimalkan penawaran produk dan layanan mereka.

"Dengan platform Samsung ARTIK, banyak dari usaha-usaha ini sekarang dapat membangun solusi IoT untuk mentrasformasi bisnis mereka lebih lanjut dan memasuki pasar yang baru," katanya.

Tidak hanya untuk mitra, kelompok internal Samsung juga memanfaatkan platform Samsung Artik untuk membangun solusi IOT sendiri. Contohnya, divisi Consumer Electronics Samsung yang membuat alat pembersih udara cerdas IOT. Menurut Byungse,  platform Artik memungkinkan membangun prototype dengan biaya yang efektif sebagai solusi baru dan secepatnya untuk masuk ke dalam pasaran.

"Di platform ini, kami juga memiliki kemampuan untuk terhubung secara cerdas ke perangkat pintar lain, dan juga cloud, yang memungkinkan penggunaan baru.” katanya.

Platform cerdas IoT, Artik, menyatukan hardware, software, cloud, keamanan dan mitra ekosistem dalam penawaran tunggal sehingga perusahaan dapat mengurangi waktu, biaya dan risiko yang terkait dengan pengiriman solusi IoT kompleks.

Berbeda dengan platform IoT lainnya, platform cerdas IoT, diklaim dapat membuat proses membangun produk dan jasa IoT lebih mudah dengan mengatasi kompleksitas, sehingga mudah digunakan, terbuka dan enterprise-grade APIs, SDK dan alat-alat. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP