TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Industri Konstruksi Mulai Gunakan Cloud Computing

Acset gunakan HANA Enterprise Cloud dari SAP.
Industri Konstruksi Mulai Gunakan Cloud Computing
Proyek PT Acset Indonusa di Vietnam (dok. Acset Indonusa)

VIVA.co.id – Perusahaan konstruksi pun tidak luput dari target penggunaan komputasi awan (cloud computing). Hal ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis, tapi juga keinginan untuk efisiensi dan mengurangi biaya operasional sehari-hari. 

Hal ini disadari oleh perusahaan konstruksi Acset Indonusa (Acset). Perusahaan konstruksi yang telah berdiri sejak 1995 ini mengklaim telah mengadopsi cloud dari SAP. Tujuannya, untuk memfasilitasi adanya kendali terhadap anggaran, kegiatan pembelian, dan manajemen inventaris yang lebih baik.

"Penyediaan jasa konstruksi kelas dunia adalah komitmen kami, namun tantangan terbesar adalah tidak adanya sistem informasi yang terintegrasi. Makanya kami coba adopsi cloud dari SAP dengan harapan proses operasional akan lebih sederhana lagi," ujar Direktur Acset, Nilawati Irjani, dalam keterangannya, Senin, 7 November 2016.

Cloud yang dimanfaatkan adalah yang terbaru dari SAP, yakni HANA Enterprise Cloud. Sistem ini diklaim memungkinkan pengiriman data real-time dan mengurangi inefisiensi dalam mengelola proyek-proyek konstruksi.

"SAP memberikan lisensi perangkat lunak, sementara PT Eclectic Consulting mengimplementasikan solusinya. Industri konstruksi bangsa ini dengan cepat berkembang dan itulah sebabnya platform terpercaya untuk sistem database dan perangkat lunak yang terintegrasi serta sistematik sangat penting dalam menciptakan manajemen yang lebih baik dan kesuksesan yang berkelanjutan dari usaha konstruksi," kata Megawaty Khie, vice president and managing director SAP Indonesia.

Kapabilitas SAP S/4HANA Enterprise Management Cloud Private Option dan solusi SAP untuk Engineering, Construction, and Operations (SAP for EC & O), didukung oleh layanan SAP HANA Enterprise Cloud, akan membantu Acset dalam upaya mengurangi biaya dan kompleksitas operasional, serta dalam mengidentifikasi risiko dan keselarasan dalam proyek. 

SAP S/4HANA Enterprise Management Cloud Private Option mencakup seluruh bagian perusahaan untuk proses bisnis inti, seperti akuntansi, pengontrolan, manajemen material, dan perencanaan produksi. Dengan basis sistem SAP HANA Enterprise Cloud, solusi ini memungkinkan untuk skalabilitas dalam rangka memenuhi pertumbuhan bisnis pelanggan, dan dikelola dengan memanfaatkan praktik proses bisnis terbaik.

Meliputi bidang-bidang krusial seperti keuangan dan akuntansi, pengadaan barang, manajemen proyek, dan manajemen hubungan dengan pelanggan.

SAP S/4HANA Enterprise Management Cloud Private Option yang berbasiskan kepada SAP HANA Enterprise Cloud merupakan penawaran yang memungkinkan elastisitas cloud, menyediakan penawaran sesuai permintaan, dengan lincah mengalokasikan sumber daya seiring dengan turun naiknya permintaan, dan fleksibilitas dengan penentuan harga berbasis langganan.

Ditambahkan Nila, kick-off proyek Acset dilaksanakan pada awal Oktober, dan merupakan yang pertama di Indonesia untuk SAP HANA Enterprise Cloud.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP