TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

6-11-2012: Charles Darwin Dipilih dalam Pemilu AS

Darwin dipilih dalam pemilihan kandidat senat AS.
6-11-2012: Charles Darwin Dipilih dalam Pemilu AS
Charles Darwin (REUTERS)

VIVA.co.id – Empat tahun lalu, pada 6 November 2012, naturalis yang terkenal dengan bapak Teori Evolusi, Charles Darwin, ‘hadir’ dalam pemilihan umum Amerika Serikat. Nama ilmuwan Inggris pada abad ke-19 itu, dipilih dalam surat suara untuk pemilihan umum senat AS. 

Dikutip dari Todayinsci, Minggu 6 November 2016, Darwin menerima dukungan 4.000 suara dari pemilih di negara bagian Athens-Clarke Country, Georgia, AS. Dukungan itu muncul untuk melawan kandidat senat AS dari Partai Republik, Paul Broun. 

Saat itu, Broun yang merupakan ilmuwan, sekaligus anggota Komite Teknologi, Luar Angkasa, Sains Senat AS, menimbulkan kontroversi atas komentar pedasnya atas Teori Evolusi dan Teori Bing Bang. 

Beberapa hari sebelum pemilihan, dalam pidato perjamuan olahragawan di sebuah gereja Baptis pada 27 September 2012, Broun menyebutkan dua teori terkenal tersebut, merupakan hal yang 'terkutuk’.

Sontak saja, komentar Broun itu mendapat reaksi negatif di kalangan ilmuwan Negeri Paman Sam. Profesor biologi University of Georgia, Jim Leebens-Mack dan koleganya menggalang dukungan untuk melawan Broun, dengan menyerukan untuk memilih Darwin dalam pemilihan senat AS di Georgia. 

"Kami tak merasa kepentingan kami bisa dilayani oleh fundamentalis antisains yang mewakili kami dalam Komite Teknologi, Luar Angkasa dan Sains," ujar Leebens-Mack dikutip dari Reuters. 

Meski mendapatkan perlawanan dari pemilih yang menganggapnya sebagai fundamentalis antisains, Broun tetap meraih dukungan pemilih yang besar, yaitu 16.980 suara dari pemilih di Athens-Clarke Country, Georgia, yang merupakan kampus almamater Broun, University of Georgia. 

Meski Darwin meraih 4.000 dukungan, namun suara tersebut dinyatakan tidak resmi, sebab nama Darwin tak pernah terverifikasi sebagai kandidat senat yang harus dipilih.

Leebens-Mack menjelaskan, kampanye yang digalang itu bertujuan mendorong kandidat, kuat baik dari Partai Demokrat maupun Partai Republik untuk melawan Broun. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP