TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Menkominfo Sebut Tak Ada Operator yang Mau Bangun Jaringan

114 Kota/Kabupaten belum dibangun jaringan telekomunikasi.
Menkominfo Sebut Tak Ada Operator yang Mau Bangun Jaringan
Menkominfo Rudiantara (VIVA.co,id/Agus Tri Haryanto)

VIVA.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan di balik keberadaan proyek Palapa Ring. Disampaikan dia, Palapa Ring dibentuk karena tidak ada satu pun operator yang bangun jaringan di seluruh Indonesia.

Hal itu ia sampaikan di acara "Mendorong Efisiensi Berkeadilan Industri Telekomunikasi Nasional" di Hotel Intercontinental Midplaza, Jakarta, Kamis, 3 November 2016.

"Backbone, jaringan tulang punggung itu paling susah. Tidak ada satu operator yang memberikan janji untuk menjangkau seluruh Kota atau Kabupaten di seluruh Indonesia kepada saya," ucap Rudiantara.

Hal itu bermula ketika Rudiantara menanyakan kepada seluruh operator yang ada, mengenai komitmen untuk membangun jaringan backbone di Tanah Air. Disampaikan dia, dari 514 Kota/Kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia, baru terbangun infrastruktur di 400 Kota/Kabupaten.

"Sisanya 114 Kota/Kabupaten. Saya bicara ke teman-teman operator, kapan bangun sisanya? Kirim surat dan itu masih saya pegang. Tidak ada yang janji bisa bangun sisa 114 Kota/Kabupaten hingga 2018 yang targetnya sampai 2019," ungkapnya.

Fakta tersebut, Rudiantara sudah pegang sedari dulu. Tetapi, dikatakannya, ia sengaja tidak mengungkapkannya ke publik sehingga memberikan kesan bahwa industri telekomunikasi itu adem ayem.

"Dari 114 Kota/Kabupaten, disepakati 57 Kota/Kabupaten. Ok, berarti sisanya pemerintah yang bangun, lewat proyek Palapa Ring," ucapnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP