TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Startup di Daerah Bakal Didanai dengan USO

Khususnya, startup di daerah-daerah tertinggal.
Startup di Daerah Bakal Didanai dengan USO
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara (VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto)

VIVA.co.id – Pemerintah menargetkan pada 2020 akan menjadikan Indonesia menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Sebuah peta jalan, atau roadmap e-Commerce pun telah disusun Kabinet Kerja Pemerintah Jokowi-JK bersama lembaga terkait.

Isi roadmap itu mencakup tujuh topik penting, yaitu pendanaan (funding), perpajakan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, logistik, edukasi dan sumber daya manusia, serta keamanan siber (cyber security).

Terkait pendanaan, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, untuk penguatan ekosistem perdagangan nasional berbasis elektronik ini akan memanfaatkan dana universal service obligation (USO), yang memang memiliki kegunaan untuk mendanai pemberian layanan telekomunikasi dan informasi (TI) kepada publik.

"Salah satu pendanaannya bagaimana memanfaatkan dana USO. Itu dana USO kan dari Kemenkominfo (Kementerian Kominfo)," ujar Rudi di gedung BRI I Jakarta pada Rabu 2 November 2016.

Ia mengatakan, persoalan pendanaan masih dalam pembahasan bersama kementerian lembaga terkait, belum pada titik keputusan bulat. Koordinasi dengan kementerian terkait masih akan dilakukan. 

"Skema (pendanaan) belum ditetapkan. Itu nanti (ditetapkan) bersama Menkeu (Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati). Sumber pendanaannya pemerintah yang atur, bisa dari subsidi KUR (Kredit Usaha Rakyat), salah satu yang digunakan dana USO," tuturnya.

Dia pun menilai, sumber pendanaan dari USO tersebut dapat disalurkan lebih terfokus untuk pengembangan perusahaan rintisan, atau startup yang ada di daerah-daerah tertinggal. 

"Menyiapkan bagaimana mendukung (startup), tetapi eligible (sesuai syarat) untuk di daerah-daerah, termasuk daerah yang masuk di Perpres (Peraturan Presiden) No.131/2015," ujarnya. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP