Internet Kian Terjangkau

Pengguna Layanan Data XL Naik 200%

VIVAnews - Gencarnya operator menghadirkan layanan data semakin memudahkan masyarakat terhubung ke Internet untuk membantu aktivitas sehari-hari. Dari sisi volume, jumlah pemakai internet yang memanfaatkan layanan operator seluler juga terus bertambah. Demikian pula pelanggan yang memanfaatkan layanan XL.

“Meskipun penggunaan layanan data masih kurang dari 10 persen dibandingkan layanan suara (voice) dan teks (SMS), tetapi pertumbuhan pengguna layanan data kami tercatat hampir tiga kali lipat atau sekitar 200 persen,” kata Joy Wahyudi,
Direktur Commerce XL di sela ajang XL Festival Gadget RaMe di ITC Roxy Mas, Jakarta, 20 Agustus 2009.

Pertumbuhan ini sudah diperkirakan sebelumnya. Karena itu, sejak tiga bulan lalu XL menginvestasikan 30 juta dolar AS khusus untuk menambah kapasitas layanan data di Jakarta. 

“Lonjakan pengguna layanan data kami ini dipicu kerena adanya hape-hape low end yang bisa memiliki fitur seperti Facebook, browsing, IM, dan sebagainya. Tak lepas juga dari kontribusi BlackBerry yang tumbuh stabil,” kata Joy. “Namun, secara keseluruhan, persentase itu masih terbilang kecil. Animonya masih kurang besar di industri,” ucapnya.

Khusus layanan paket internet unlimited XL 100 Ribu, sejak diluncurkan Februari lalu, saat ini sudah meraup sekitar 20 ribu pelanggan. “Dalam 1-2 bulan ke depan, saya kira bisa bertambah sekitar 30 ribu menjadi 50 ribu,” kata Joy. “Harapannya jumlahnya mampu menyentuh angka 100 ribu pada akhir tahun nanti,” ucapnya.

Hingga akhir tahun, secara total, pengakses data XL diperkirakan mencapai 10 juta nomor pengakses. Sementara itu, menjelang bulan suci Ramadhan dan masa mudik Lebaran, XL tak berencana melakukan pembesaran kapasitas layanan data. “Sementara ini, nggak dulu. Kita optimalkan dulu lah yang ada sekarang ini. Kapasitasnya masih cukup besar,” ucap Joy.

Perlu diketahui, average revenue per user (ARPU) pelanggan XL saat ini, termasuk layanan suara, teks, dan data, adalah sekitar 40 - 50 ribu rupiah. Sementara untuk pelanggan BlackBerry XL diestimasi mencapai 200 ribu rupiah, di luar biaya langgan bulanannya.

Dalam menggelar layanan 3G-nya, XL menggunakan pita frekuensi selebar lima MHz pada spektrum 2,1 GHz. Sementara itu, BTS node B XL kini diketahui berjumlah 1.840 unit dari total 18.128 unit BTS yang dimiliki.

PKB Loyo Mau Gulirkan Hak Angket: Prabowo Sudah Keliling Partai
Deretan mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Pusat.

Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Bagi Anda yang ingin merasakan ketangguhan dan kemewahan Pajero Sport generasi ketiga tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, pasar mobil bekas menawarkan pilihan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024