TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

WhatsApp Uji Fitur Video Call

Hanya beberapa pengguna yang bisa menikmati fitur panggilan tersebut.
WhatsApp Uji Fitur Video Call
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/Antonbe)

VIVA.co.id – Meski masih dalam bentuk uji coba, tapi WhatsApp telah ancang-ancang untuk memperkenalkan video call di aplikasinya. Hal ini jelas akan mengancam keberadaan Skype, Line, hingga layanan Voice over LTE (VoLTE) yang tengah dikembangkan oleh operator seluler.

Menurut laporan yang dihimpun oleh Tech Crunch, dikutip Senin 31 Oktober 2016, fitur video call tersebut telah hadir pada ponsel pintar berbasis Windows Phone, iOS, hingga yang terbaru Android.

Adanya fitur video call ini tak diumumkan secara langsung oleh WhatsApp, melainkan harus ditemukan oleh laman Android Police. Laman tersebut menemukan beberapa pengguna WhatsApp versi teranyar memungkinkan dapat berinteraksi panggilan video. Tak semua pengguna WhatsApp bisa merasakan fitur video call tersebut. Sebab, WhatsApp baru mengujinya dengan menyematkan fitur itu secara acak ke pengguna Android.

Tech Crunch menyebutkan, untuk menggunakan video call ini, pengguna hanya tinggal menekan tombol 'ponsel' yang berada di atas kanan di samping nama kontak. Nanti akan muncul dua pilihan layanan panggilan, yaitu voice call atau video call.

Kehadiran fitur panggilan video di WhatsApp ini melengkapi fitur tersebut yang sebelumnya telah hadir di Windows Phone. Sama seperti di Android, pada Windows Phone, fitur panggilan video ini masih dalam bentuk beta alias masih pengujian.

Meski demikian, kehadiran video call di WhatsApp akan jadi daya pikat bagi pengguna smartphone. Sebab, panggilan dengan melalui Voice over Internet Protocol (VoIP), seperti panggilan suara di WhatsApp telah digandrungi masyarakat.

Bocoran fitur video call WhatsApp

Bahkan, WhatsApp merasakan permintaan panggilan suara lewat VoIP ini menyentuh hingga 100 juta panggilan pada Juni kemarin. Padahal, fitur tersebut baru diluncurkan setahun yang lalu. Secara tidak langsung, fitur tersebut membawa menumbuhkan pengguna WhatsApp jadi satu miliar pengguna.

Bila panggilan video di WhatsApp itu sudah resmi hadir, maka akan menyaingi Skype, Line, layanan VoLTE, hingga aplikasi Duo yang diluncurkan oleh Google beberapa waktu yang lalu.

Mengenai kapan resminya panggilan video WhatsApp itu hadir untuk seluruh pengguna, perusahaan di bawah naungan Facebook itu menolak untuk memberitahukan.

"Kami tidak mengomentari rencana produk di masa depan atau berupa rilis beta di WhatsApp," ujar WhatsApp kepada Tech Crunch.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP