TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Startup Ini Mau Produksi Serat Optik di Stasiun Antariksa

Serat optik yang dibuat sangat efisien dibanding yang ada di Bumi.
Startup Ini Mau Produksi Serat Optik di Stasiun Antariksa
Ilustrasi mesin pembuat serat optik di ISS (www.space.com)

VIVA.co.id – Perusahaan rintisan asal California, Amerika Serikat, Made In Space, punya ambisi menarik. Startup itu ingin membuat serat optik super efisien di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) pada kuartal pertama 2017. 

Dikutip dari laman Space, Senin 31 Oktober 2016, Made In Space berencana meluncurkan mesin khusus ke ISS untuk memproduksi serat optik ZBLAN. 

Diketahui ZBLAN dianggap sebagai potensial dikembangkan di stasiun antariksa itu. Sebab ZBLAN lebih efisien dibanding serat berbasis silika yang saat ini digunakan dalam industri telekomunikasi dan internet. 

Meski ZBLAN menawarkan efisiensi yang potensial, tapi serat optik tersebut tak dikembangkan oleh industri di Bumi. Perwakilan Made In Space menjelaskan, ZBLAN tak optimal dikembangkan di daratan sebab tarikan gravitasi yang kuat dari Bumi menyebabkan ketidaksempurnaan kisi-kisi kristal ZBLAN. 

Startup tersebut mengaku mesin milik perusahaan akan membuat ZBLAN yang melimpah dalam kondisi mikrogravitasi di ISS. Dan nantinya ZBLAN akan dikembalikan ke Bumi untuk menjalani uji coba. 

Jika tahapan uji coba mulus dan sukses, Made In Space pada akhirnya akan membangun dan meluncurkan fasilitas produksi ZBLAN dalam skala yang besar, dan terbuka untuk menambah mesin mereka yang akan memprodusi serat optik efisien di antariksa. 

"Jika ini berjalan lancar, maka ini luar biasa. Itu akan menjadi pertama kalinya, kami bisa memonetisasi barang fisik di antariksa," jelas insinyur pengembangan bisnis Made In Space, Brad Kohlenberg di San Francisco, AS. 

Untuk memproduksi proyek serat optik di antariksa, Made In Space berkolaborasi dengan Thorlabs Inc. Perusahaan itu akan membantu Made In Space membuat ZBLAN dan material lainnya di Bumi. 

Sesuai rencana, perwakilan Made In Space mengatakan, mesin pembuat ZBLAN akan diluncurkan ke ISS pada kuartal pertama 2017. 

Nantinya kehadiran ZBLAN di ISS akan makin melengkapi deretan karya Made In Space di ISS. Sebelumnya produk keluaran Made In Space yang sudah ada di ISS yaitu dua printer 3D. Printer pertama tiba di ISS pada September 2014 dan disusuln yang kedua pada April 2015. 

 

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP